Soal Potong Kuku dan Rambut Kurban
Potong Kuku, ilustrasi credit canva

Yang Disalahpahami Soal Potong Kuku dan Rambut Kurban – Muncul edaran dari teman-teman salafi. Terkait dengan potong kuku dan rambut saat menjelang penyembelihan qurban di Hari Raya Idul Adha.

Yakni, jika telah memasuki bulan Dzulhijah dan salah seorang berkeinginan untuk menyembelih ternak kurban, maka muncul nasehat untuk tidak potong kuku dan mencukur rambutnya.

Pertanyaannya, apakah yang dimaksudkan kuku dan rambut orang yang ingin menyembelih ternak kurban atau kuku dan rambut (bulu) binatang yang hendak disembelihnya? Semoga artikel ini dapat memberi pencerahan.

A. Dasar Hukum Syariatnya

Argumentasi larangan ā€œpotong kuku dan mencukur rambutā€ terkait datangnya hari raya Adha adalah hadits yang diriwayatkan Umu Salamah ra:

ŁˆŁŽŲ¹ŁŽŁ†Ł’ Ų£ŁŁ…Ł‘Ł Ų³ŁŽŁ„ŁŽŁ…ŁŽŲ©ŁŽ Ų±Ų¶ŁŠ Ų§Ł„Ł„Ł‡ Ų¹Ł†Ł‡Ų§ Ų£ŁŽŁ†Ł‘ŁŽ Ų§Ł„Ł†Ł‘ŁŽŲØŁŁŠŁ‘ŁŽ ŲµŁ„Ł‰ Ų§Ł„Ł„Ł‡Ł Ų¹Ł„ŁŠŁ‡ ŁˆŲ³Ł„Ł‘ŁŽŁ… Ł‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽ: Ų„ŁŲ°ŁŽŲ§ Ų±ŁŽŲ£ŁŽŁŠŁ’ŲŖŁŁ…Ł’ Ł‡ŁŁ„ŁŽŲ§Ł„ŁŽ Ų°ŁŁŠ Ų§Ł„Ł’Ų­ŁŲ¬Ł‘ŁŽŲ©Ł ŁˆŁŽŲ£ŁŽŲ±ŁŽŲ§ŲÆŁŽ Ų£ŁŽŲ­ŁŽŲÆŁŁƒŁŁ…Ł’ Ų£ŁŽŁ†Ł’ ŁŠŁŲ¶ŁŽŲ­Ł‘ŁŁŠŁŽ) (ŁŁŽŁ„ŁŽŲ§ ŁŠŁŽŲ£Ų®ŁŲ°ŁŽŁ†Ł‘ŁŽ Ł…ŁŁ†Ł’ Ų“ŁŽŲ¹Ł’Ų±ŁŁ‡Ł ŁˆŁŽŁ„ŁŽŲ§ Ł…ŁŁ†Ł’ Ų£ŁŽŲøŁ’ŁŁŽŲ§Ų±ŁŁ‡Ł Ų“ŁŽŁŠŁ’Ų¦Ł‹Ų§ Ų­ŁŽŲŖŁ‘ŁŽŁ‰ ŁŠŁŲ¶ŁŽŲ­Ł‘ŁŁŠŁŽ)

Dinarasikan Umu Salamah ra, Rasulullah saw bersabda: “Jika kalian telah menyaksikan hilal Dzul Hijah (masuknya tanggal satu bulan Dzul Hijah, dan seorang di antara kalian hendak menyembelih ternak kurban) maka janganlah ia mengambil (mencukur) rambut dan memotong kukunya sedikitpun, sehingga ia telah menyembeihnya.” (Hr. Muslim: 1977; Abu Dawud: 2791; Tirmidzi: 1523; dan Nasai: 4361.

Sejauh yang penulis ketahui, larangan potong kuku dan mencukur rambut terkait dengan penyembelihan kurban hanya diriwayatkan Umu Salamah. Hadis tersebut tidak disangsikan sahihnya. Bahkan ada dalam kodifikasi Muslim dan lainnya.

Permasalahannya adalah memahami dhamir (kata ganti) ā€œhuā€ dalam redaksi ā€œsyaā€™rihi wa adzfarihiā€, apakah dhamir itu merujuk kepada pelaku penyembelih kurban atau merujuk kepada ternak kurbannya?

Maka memahami teks hadis seperti ini masuk kategori ijtihadiyah. Karena masuk ranah ijtihadiyah, maka semestinya dicari berbagai qarinah yang dapat mempertajam hasil ijtihad tersebut.

Jika yang dimaksud dhamir tersebut merujuk kepada pelakunya, maka muncul pertanyaan, apa relevansi antara potong kuku dan cukur rambut dengan orang yang hendak berkurban?

Bukankah sunah fitrah potong kuku pada setiap Jumat?

Sementara potong rambut kepala tidak termasuk sunah fitrah, sampai-sampai rambut Rasulullah saw. dikabarkan dalam syamailnya menjuntai ke bahunya?

Lalu jika yang ingin berqurban seorang wanita, apa kaitannya dengan potong rambutnya?

Sementara ada yang berspekulasi dikaitkan dengan manasik haji, sebagaimana yang difirmankan Allah swt:

ŁˆŁŽŁ„ŁŽŲ§ ŲŖŁŽŲ­Ł’Ł„ŁŁ‚ŁŁˆŲ§ Ų±ŁŲ”ŁŁˆŲ³ŁŽŁƒŁŁ…Ł’ Ų­ŁŽŲŖŁ‘ŁŽŁ‰ ŁŠŁŽŲØŁ’Ł„ŁŲŗŁŽ Ų§Ł„Ł’Ł‡ŁŽŲÆŁ’ŁŠŁ Ł…ŁŽŲ­ŁŁ„Ł‘ŁŽŁ‡Ł

“Dan janganlah kamu mencukur kepalamu hingga sampainya ternak qurban di tempat penyembelihannya.” (QS. Al-Baqarah: 196).

Mengaitkan etika penyembelihan ternak kurban dengan ayat di atas jelas tidak mungkin, karena tahalul orang yang haji (mencukur rambut) boleh dilakukan sebelum atau sesudah penyembelihan kurban, sementara penyembelihan kurban terkait Hari Raya Adha tidak boleh dilakukan sebelum salat, melainkan dilakukan sesudah shalat (Hari Raya Idul Adha).

B. Korelasi Potong Kuku dan Rambut (Bulu) Binatang Qurban

Berbeda jika dhamir (kata ganti) ā€œhuā€ dalam teks hadis di atas dirujuk kepada kuku dan rambut (bulu) binatang yang hendak disembelih.

Semestinya bintang itu harus dijaga kondisinya sehingga tetap prima saat disembelih.

Penulis pernah ke pusat peternakan Tapos dan menyaksikan kuku-kuku domba yang disiset sedemikian rupa, bahkan penulis juga pernah melihat tayangan di Youtobe teknologi pemotongan kuku sapi yang sangat canggih.

Setelah penulis konfirmasikan ternyata penyisetan (pembersihan) kuku-kuku ternak itu berdampak terhadap kesehatan binatang itu.

Namun dokter hewan memberi warning agar tidak melakukannya dalam durasi satu bulan jika hewan itu hendak disembelih, karena dapat berdampak stres.

Penulis berpikir jika dokter hewan memberi durasi satu bulan, namun Rasulullah saw hanya memberi durasi sepuluh hari. Yakni, sejak awal bulan Dzul Hijah hingga umat menyelesaikan salat Hari Raya Idul Adha sampai akhir Hari Tasyrik.

Sisi lain ternyata sisetan kuku binatang merupakan silet (pisau) bagi masyarakat tempo dulu. Hal ini dapat dicermati hadis berikut ini:

Ų¹ŁŽŁ†Ł’ Ų±ŁŽŲ§ŁŁŲ¹Ł ŲØŁ’Ł†Ł Ų®ŁŽŲÆŁŁŠŲ¬ŁŲŒ Ł‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽ: Ł‚ŁŁ„Ł’ŲŖŁ: ŁŠŁŽŲ§ Ų±ŁŽŲ³ŁŁˆŁ„ŁŽ Ų§Ł„Ł„Ł‡ŁŲŒ Ų„ŁŁ†Ł‘ŁŽŲ§ Ł„ŁŽŲ§Ł‚ŁŁˆ Ų§Ł„Ł’Ų¹ŁŽŲÆŁŁˆŁ‘Ł ŲŗŁŽŲÆŁ‹Ų§ŲŒ ŁˆŁŽŁ„ŁŽŁŠŁ’Ų³ŁŽ Ł…ŁŽŲ¹ŁŽŁ†ŁŽŲ§ Ł…ŁŲÆŁ‹Ł‰ŲŸ Ł‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽ: Ł…ŁŽŲ§ Ų£ŁŽŁ†Ł’Ł‡ŁŽŲ±ŁŽ Ų§Ł„ŲÆŁ‘ŁŽŁ…ŁŽŲŒ ŁˆŁŽŲ°ŁŁƒŁŲ±ŁŽ Ų¹ŁŽŁ„ŁŽŁŠŁ’Ł‡Ł Ų§Ų³Ł’Ł…Ł Ų§Ł„Ł„Ł‡Ł ŁŁŽŁƒŁŁ„Ł’ŲŒ Ł„ŁŽŁŠŁ’Ų³ŁŽ Ų§Ł„Ų³Ł‘ŁŁ†Ł‘ŁŽŲŒ ŁˆŁŽŲ§Ł„ŲøŁ‘ŁŁŁŲ±ŁŽŲŒ ŁˆŁŽŲ³ŁŽŲ£ŁŲ­ŁŽŲÆŁ‘ŁŲ«ŁŁƒŁŽ Ų£ŁŽŁ…Ł‘ŁŽŲ§ Ų§Ł„Ų³Ł‘ŁŁ†Ł‘Ł: ŁŁŽŲ¹ŁŽŲøŁ’Ł…ŁŒŲŒ ŁˆŁŽŲ£ŁŽŁ…Ł‘ŁŽŲ§ Ų§Ł„ŲøŁ‘ŁŁŁŲ±Ł: ŁŁŽŁ…ŁŲÆŁŽŁ‰ Ų§Ł„Ł’Ų­ŁŽŲØŁŽŲ“ŁŽŲ©Ł Ł‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽ: ŁˆŁŽŲ£ŁŽŲµŁŽŲ§ŲØŁŽ Ų±ŁŽŲ³ŁŁˆŁ„Ł Ų§Ł„Ł„Ł‡Ł ŲµŁŽŁ„Ł‘ŁŽŁ‰ Ų§Ł„Ł„Ł‡Ł Ų¹ŁŽŁ„ŁŽŁŠŁ’Ł‡Ł ŁˆŁŽŲ³ŁŽŁ„Ł‘ŁŽŁ…ŁŽ Ł†ŁŽŁ‡Ł’ŲØŁ‹Ų§ŲŒ ŁŁŽŁ†ŁŽŲÆŁ‘ŁŽ Ł…ŁŁ†Ł’Ł‡ŁŽŲ§ ŲØŁŽŲ¹ŁŁŠŲ±ŁŒŲŒ ŁŁŽŲ³ŁŽŲ¹ŁŽŁˆŁ’Ų§ Ł„ŁŽŁ‡ŁŲŒ ŁŁŽŁ„ŁŽŁ…Ł’ ŁŠŁŽŲ³Ł’ŲŖŁŽŲ·ŁŁŠŲ¹ŁŁˆŲ§ŲŒ ŁŁŽŲ±ŁŽŁ…ŁŽŲ§Ł‡Ł Ų±ŁŽŲ¬ŁŁ„ŁŒ ŲØŁŲ³ŁŽŁ‡Ł’Ł…Ł ŁŁŽŲ­ŁŽŲØŁŽŲ³ŁŽŁ‡ŁŲŒ ŁŁŽŁ‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽ Ų±ŁŽŲ³ŁŁˆŁ„Ł Ų§Ł„Ł„Ł‡Ł ŲµŁŽŁ„Ł‘ŁŽŁ‰ Ų§Ł„Ł„Ł‡Ł Ų¹ŁŽŁ„ŁŽŁŠŁ’Ł‡Ł ŁˆŁŽŲ³ŁŽŁ„Ł‘ŁŽŁ…ŁŽ: Ų„ŁŁ†Ł‘ŁŽ Ł„ŁŁ‡ŁŽŲ°ŁŁ‡Ł Ų§Ł„Ł’Ų„ŁŲØŁŁ„Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽ: Ł„ŁŁ‡ŁŽŲ°ŁŁ‡Ł Ų§Ł„Ł†Ł‘ŁŽŲ¹ŁŽŁ…Ł – Ų£ŁŽŁˆŁŽŲ§ŲØŁŲÆŁŽ ŁƒŁŽŲ£ŁŽŁˆŁŽŲ§ŲØŁŲÆŁ Ų§Ł„Ł’ŁˆŁŽŲ­Ł’Ų“ŁŲŒ ŁŁŽŁ…ŁŽŲ§ ŲŗŁŽŁ„ŁŽŲØŁŽŁƒŁŁ…Ł’ ŁŁŽŲ§ŲµŁ’Ł†ŁŽŲ¹ŁŁˆŲ§ ŲØŁŁ‡Ł Ł‡ŁŽŁƒŁŽŲ°ŁŽŲ§

“Rafi’ bin Khadij berkata: Wahai Rasulullah, kita bertemu dengan musuh pada esok hari dan kita tidak memiliki pisau (untuk menyembelih). Rasulullah bersabda:

Darah yang mengalir dan disebutkan basmalah, maka makanlah selain gigi dan kuku. Aku beritahukan kepada kalian, gigi termasuk tulang. Sedang kuku termasuk pisau orang Habasyah.

Rafi’ bin Khadij berkata: Rasulullah pernah mendapatkan rampasan perang, yang salah satunya adalah unta yang kabur. Mereka berusaha menangkapnya tetapi tidak ada yang berhasil.

Lalu ada seorang yang memanahnya dan berhasil menangkapnya. Maka Rasulullah saw. bersabda: Dalam unta ini atau hewan ternak ini terdapat suatu sikap yang buas, jika kalian mendapatkannya lakukan seperti itu. (Hadits shahih dikeluarkan Ahmad: 15806/15245).

Ada pun terkait rambut (bulu) hewan, sungguh sangat tragis jika di musim dingin atau panas bulu hewan itu dicukur, pasti berdampak pada kondisi hewan tersebut.

Bahkan bulu binatang itu dapat dihimpun untuk dijadikan bahan kain woll. Sehingga pesan moral yang dapat dicermati jika seseorang sudah menentukan hewan itu sebagai ternak kurban yang hendak disembelih, tentunya jangan lagi ada berpikiran membisniskan bulunya.

(Tolong memahami hadits seperti ini jika seseorang berada di tempat kelahiran syariatnya, di Indonesia justru bulu itu banyak yang dibakar, atau dimanfaatkan yang lain).

C. Catatan Akhir:

Jika diperhatikan secara seksama, bukan atas dasar apriori terhadap pendapat orang lain, fanatik terhadap pendapat gurunya sendiri, Allah tentu membukakan pintu hidayah untuk dapat memahami mana dari dua interpretasi hadis tersebut yang lebih dekat pada kebenaran.

Sebagai pamungkas, penulis menemukan redaksi yang spesifik berikut ini:

Ų¹Ł† Ų£ŁŁ…Ł‘ Ų³ŁŽŁ„ŁŽŁ…ŁŽŲ©ŁŽ Ų±Ų¶ŁŠ Ų§Ł„Ł„Ł‡ Ų¹Ł†Ł‡Ų§ Ł‚Ų§Ł„ŲŖ: Ł‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽ Ų±ŁŽŲ³ŁŁˆŁ„Ł Ų§Ł„Ł„Ł‘ŁŽŁ‡Ł ŲµŁŽŁ„Ł‘ŁŽŁ‰ Ų§Ł„Ł„Ł‘ŁŽŁ‡Ł Ų¹ŁŽŁ„ŁŽŁŠŁ’Ł‡Ł ŁˆŁŽŲ³ŁŽŁ„Ł‘ŁŽŁ…ŁŽ Ł…ŁŽŁ†Ł’ ŁƒŁŽŲ§Ł†ŁŽ Ł„ŁŽŁ‡Ł Ų°ŁŲØŁ’Ų­ŁŒ ŁŠŁŽŲ°Ł’ŲØŁŽŲ­ŁŁ‡Ł ŁŁŽŲ„ŁŲ°ŁŽŲ§ Ų£ŁŁ‡ŁŁ„Ł‘ŁŽ Ł‡ŁŁ„ŁŽŲ§Ł„Ł Ų°ŁŁŠ Ų§Ł„Ł’Ų­ŁŲ¬Ł‘ŁŽŲ©Ł ŁŁŽŁ„ŁŽŲ§ ŁŠŁŽŲ£Ł’Ų®ŁŲ°ŁŽŁ†Ł‘ŁŽ Ł…ŁŁ†Ł’ Ų“ŁŽŲ¹Ł’Ų±ŁŁ‡Ł ŁˆŁŽŁ„ŁŽŲ§ Ł…ŁŁ†Ł’ Ų£ŁŽŲøŁ’ŁŁŽŲ§Ų±ŁŁ‡Ł Ų“ŁŽŁŠŁ’Ų¦Ł‹Ų§ Ų­ŁŽŲŖŁ‘ŁŽŁ‰ ŁŠŁŲ¶ŁŽŲ­Ł‘ŁŁŠŁŽ.

Dinarasikan Umu Salamah ra., Rasulullah saw. bersabda: “Barang siapa yang memiliki ternak yang hendak disembelih sebagai kurban, jika telah masuk hilal Dzul Hijah (masuknya tanggal satu Dzul Hijah), maka sekali-kali janganlah ia mencukur rambut (bulunya) dan memotong kukunya sedikit pun, sehingga ia menyembelihnya. Hr. Muslim: 1977; Abu Dawud: 2791; Ibnu Hibban: 5917; dan Abu Yaā€™la: 6917.

Stressing nasihat Rasulullah jelas ditujukan kepada binatang yang hendak disembelih sebagai kurban, bukan pelakunya. Sehingga kondisi binatang itu sangat prima saat disembelih. Wallahu aā€™lam. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan diĀ Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini