Kurban Perdana Muhammadiyah di Negeri Para Mullah
Pembagian dagung kurban Muhammadiyah Iran foto: ist
UM Surabaya

Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Iran (PCIM Iran) bekerja sama dengan Ikatan Pelajar Indonesia (IPI) Iran sukses menggelar penyembelihan hewan kurban, Rabu (28/6/2023).

Acara ini merupakan yang pertama kalinya diadakan oleh kedua organisasi tersebut di Iran. Sebanyak 8 ekor domba dikurbankan dan pemotongan dilakukan di tiga provinsi yang berbeda, yaitu Tehran, Qom, dan Mashad/Razavi Khorasan.

Ketua PCIM Iran Syahrul Ramadhan yang berada di Tehran-Iran, menjelaskan bahwa distribusi daging hewan kurban disebar di beberapa wilayah di Iran.

“Delapan ekor hewan yang dikurbankan dalam Ibadah Kurban 1444 Hijriah kami sebar ke beberapa kota di tiga provinsi berbeda. Pembagian hewan kurban dilakukan sesuai dengan jumlah WNI (Warga Negara Indonesia) yang tersebar di Iran,” terangnya.

Selain memenuhi kebutuhan WNI, daging-daging kurban juga dibagikan kepada Masyarakat Indonesia yang menikah dengan warga negara Iran, masyarakat Iran, dan warga negara asing lainnya seperti warga Afghanistan, Azerbaijan, dan India yang tinggal dan menjadi mahasiswa di Iran.

Hal ini menunjukkan semangat kebersamaan dan solidaritas antar warga negara yang tinggal di Iran.

Tindakan penyembelihan hewan kurban ini merupakan bentuk pelaksanaan ibadah kurban yang menjadi tradisi dalam agama Islam.

Selain memberikan manfaat bagi umat Muslim, kegiatan ini juga memiliki nilai sosial yang tinggi, seperti menyebarkan kebahagiaan dan memperkuat hubungan antara masyarakat Indonesia dan Iran serta warga negara asing lainnya yang berada di Iran.

Melalui kegiatan ini, PCIM Iran dan IPI berharap dapat memperkuat ikatan antara masyarakat Indonesia dan Iran serta memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan umat Muslim dan masyarakat di Iran.

Kedua organisasi ini berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan yang bermanfaat dan merangkul seluruh anggota masyarakat Indonesia yang tinggal di Iran.

Restu Perdana, Presiden IPI Iran, menyampaikan kegembiraannya atas keberhasilan penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban oleh PCIM Iran dan IPI Iran.

Ia mengungkapkan harapannya bahwa kegiatan ini menjadi awal yang baik dan akan berlanjut setiap tahunnya.

“Ini merupakan kurban pertama yang dilakukan PCIM Iran bersama IPI Iran. Harapannya setiap tahun dapat rutin melakukan pemotongan hewan Kurban dan jumlah hewan kurban dapat bertambah banyak setiap tahun,” ungkapnya.

Melalui penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan dengan kerja sama yang baik antara PCIM Iran dan IPI Iran, diharapkan bahwa semangat solidaritas, kepedulian, dan pengorbanan dalam ibadah kurban dapat terus diperkuat.

Juga menjadi bagian dari upaya membangun hubungan yang harmonis antara masyarakat Indonesia dan Iran di masa depan. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini