Ini Cara Muhammadiyah Merawat Indonesia
Busyro Muqoddas

Melalui berbagai berbagai Amal Usaha Muhammadiyah termasuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah (PTMA) merupakan cara Muhammadiyah merawat, mempertahankan, dan meningkatkan kualitas Indonesia.

Kenyataan tersebut bukan hanya untuk menjaga eksistensi Indonesia sebagai negara, tetapi sekaligus meningkatkan kualitas rakyat yang berdaulat melalui ilmu yang diajarkan.

Ketika mahasiswa masuk dan sampai lulus, sudah otomatis menjadi bagian keluarga besar mahasiswa di PTMA lainnya.

Tentu dengan harapan mudah-mudahan para wisudawan dan wisudawati terus menerus bisa mengembangkan ilmunya dan mengamalkan ilmunya sesuai dengan hakikat dan tujuan ilmu itu.

Tujuan dari ilmu yaitu untuk kemerdekaan manusia dari kolonialisasi, baik itu dalam politik, ekonomi, budaya, hukum dan lain sebagainya.

Ilmu yang didapatkan seyogianya dapat mengantarkan umat manusia kepada humanisasi atau pemanusiaan sesuai dengan fitrahnya.

Tujuan dari ilmu yang selanjutnya adalah berfungsi transendensi atau pengillahian tatanan dunia. Oleh karena itu, wisudawan harus mengembangkan ilmu sesuai dengan tujuan-tujuan mulia tersebut.

Di sisi lain, kepada seluruh pendidik di lembaga pendidikan Muhammadiyah termasuk dosen, Busyro berharap selalu diberi ketabahan dan melimpah kasih sayangnya untuk membimbing peserta didik agar berilmu.

Karena mendidik kepada mahasiswa dan mahasiswi merupakan amal jariyah yang diterima oleh Allah Swt.

Produk dari ilmuwan dibutuhkan untuk menjawab krisis kepemimpinan di Indonesia. Melalui PTMA yang mewisuda ribuan mahasiswa setiap tahunnya diharapkan akan memberi andil dan jawaban positif untuk kepemimpinan di Indonesia. (*)

(Disampaikan Ketua PP Muhammadiyah Busyro Muqoddas dalam acara wisuda Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU), 4 Juli 2023)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini