Sibuk Urusan Dunia Bikin Manusia Kufur Nikmat
foto: linkedin.com
UM Surabaya

Bersyukur dalam segala kondisi adalah harga mati bagi mukmin yang tidak boleh ditawar atau di nego lagi. Sebab syukur adalah kunci ketenangan dan kebahagiaan hati.

Tidak bersyukur menjadikan seseorang sibuk menghabiskan energi dan pikirannya pada kehidupan dunia yang tidak ada ujungnya.

Sebagaimana seseorang mengejar harta yang diiringi dengan perasaan selalu kekurangan dan miskin, seperti sabda Rasulullah:

ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ูŠูŽุญู’ูŠูŽู‰ ุจู’ู†ู ูŠูŽุญู’ูŠูŽู‰ ูˆูŽุณูŽุนููŠุฏู ุจู’ู†ู ู…ูŽู†ู’ุตููˆุฑู ูˆูŽู‚ูุชูŽูŠู’ุจูŽุฉู ุจู’ู†ู ุณูŽุนููŠุฏู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุฃูŽุจููˆ ุนูŽูˆูŽุงู†ูŽุฉูŽ ุนูŽู†ู’ ู‚ูŽุชูŽุงุฏูŽุฉูŽ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู†ูŽุณู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽ ุณูŽู„ู‘ูŽู… ู„ูŽูˆู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูุงุจู’ู†ู ุขุฏูŽู…ูŽ ูˆูŽุงุฏููŠูŽุงู†ู ู…ูู†ู’ ู…ูŽุงู„ู ู„ุงูŽุจู’ุชูŽุบูŽู‰ ุซูŽุงู„ูุซู‹ุงุŒ ูˆูŽู„ุงูŽ ูŠูŽู…ู’ู„ูŽุฃู ุฌูŽูˆู’ููŽ ุงุจู’ู†ู ุขุฏูŽู…ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ุชู‘ูุฑูŽุงุจู (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ)

โ€œTelah menceritakan kepada kami (haddatsana) Yahya bin Yahya, Saโ€™id bin Mansur dan Qutaibah bin Saโ€™id, haddatsana Abu โ€˜Awanah dari Qatadah dari Anas, Rasulullah saw bersabda:

Andai bani Adam memiliki dua lembah yang penuh dengan harta, maka dia akan mencari lembah yang ketiga. Dan tidak ada yang bisa memenuhi perut bani Adam kecuali tanah (yaitu kematian).โ€ (HR. Al-Bukhari)

Hadis ini terekam dalam sahih al-Bukhari bab Man intizhara hatta tudfana, no. 6436 dan Shahih Muslim bab Lau โ€˜an ibni adam wadiyani labtagha, no. 2462.

Hadis di atas gamblang menjelaskan kepada kita terkait karakter lahiriah manusia umumnya terhadap dunia, khususnya harta.

Kecuali mereka manusia yang dapat mengelola diri dan memahami penyebab ketidakpuasan atas nikmat Allah Swt dan menjadi manusia yang kufur-ingkar. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini