Era Digital, Agama Harus Jadi Inspirasi dan Suluh Bagi Umat
Prof Abdul Mu'ti

Di era serba digital yang didukung dengan kecepatan perkembangan teknologi informasi, memudahkan umat beragama dan secara umum untuk mengakses informasi secara tak terbatas.

Untuk itu, di era sekarang, diperlukan keadaban digital dan revolusi mental yang dipandu oleh nilai-nilai agama.

Hematnya, agama memiliki daya untuk menginspirasi, suluh untuk umat, bangsa dan peradaban dari masa ke masa agar semakin baik.

Hal itu diperlukan sebagai penguatan keadaban digital dan revolusi mental untuk memandu umat ketika berselancar di dunia maya.

Kita bisa membangun peradaban yang utama. Apalagi sekarang, siapa pun bisa mengakses informasi dari berbagai saluran media untuk kuatkan keadaban digital dan gerakan revolusi mental.

Saya mengapresiasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) yang telah bekerja sama dalam program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama yang sangat bagus dan semoga bisa dilanjutkan di masa-masa yang akan datang.

PP Muhammadiyah juga berterima kasih kepada Majelis Dikdasmen yang telah menjadi mitra strategis bersama Kemenko PMK dan berbagai pihak membangun keadaban digital sebagai bagian dari keadaban bangsa, kerukunan, serta persatuan umat dan bangsa.

Tema kali ini menjadi sangat penting karena kita juga melihat media sosial itu bisa juga digunakan sebagai sarana yang sangat efektif untuk menyebarluaskan pesan-pesan kebaikan dengan jangkauan luas dan cepat. (*/tim)

(Disampaikan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof Abdul Mu’ti dalam workshop “Internalisasi Gerakan Nasional Revolusi Mental dan Keadaban Digital di Tangerang Selatan, 7 Juli 2023)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini