Memajukan Kualitas Umat Jadi Asas Gerakan Muhammadiyah
Santri Ponpes Darul Arqam Muhammadiyah Garut berfhoto di pondok mereka sebelum berangkat umroh bareng satu angkatan. foto: darularqam_official

Sebagai sebuah harakah Islamiyah, Muhammadiyah mengasaskan gerakannya pada misi memajukan kualitas umat.

Bahkan Muhammadiyah menggunakan identitas Islam Berkemajuan (progressive Islam atau Al Islam At-Taqaddimy).

Islam Berkemajuan merupakan DNA Muhammadiyah sejak awal organisasi ini lahir. Hal ini disuratkan pada tujuan kedua mengapa organisasi Muhammadiyah itu lahir.

Tujuan berdirinya Muhammadiyah itu memajukan yang namanya hal-ihwal agama Islam kepada litt-nya, kepada anggota-anggotanya.

Sebagai gerakan dakwah Islam amar makruf nahi munkar yang maju, ciri yang melekat pada Muhammadiyah adalah pengarusutamaan ijtihad dan pencerahan (at-tajdidu wa at-tanwiru) di berbagai aspek kehidupan.

Tajdid, memajukan itu adalah pembaruan. Baik pembaruan pemikiran, pembaruan pemahaman dan pembaruan segala macam kehidupan yang terkait muamalah duniawiyah.

Jadi tajdid itu pemikiran keagamaannya harus baru, harus modern, harus adaptif dengan kemajuan zaman.

Sehingga Islam yang sudah ada sejak 1.500 tahun yang lalu itu bisa sesuai dengan kemajuan zaman atau orang sering bilang Islam sholihun likulli zaman wal makan.

Dari asas ini, para pegiat Muhammadiyah mencirikan diri dengan ragam usaha dakwah yang juga mencirikan pencerahan dan kemajuan. Misalnya, dakwah di bidang kesehatan, pendidikan, dan amal sosial.

Maka, dakwah memajukannya Muhammadiyah itu dengan dakwah bil-hal, dakwah dengan perbuatan.

Sedangkan kalau yang dakwah pencerahan tadi happy-nya, titik kuatnya itu di dakwah yang mencerahkan bil-lisan dan bil-kitabah. (*/tim)

(Disampaikan Ketua Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani PP Muhammadiyah Bachtiar Dwi Kurniawan dalam Pengajian di Masjid Al-Hikmah PCM Bambanglipuro, Bantul, 9 Juli 2023)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini