Muliakan Anak-anakmu, Perbaiki Adab Mereka
Ilustrasi foto: learn-islam.org

Imam Al-Ghazali memandang jiwa anak-anak seperti kertas kosong tidak coretan dan garis apa pun. Jiwa anak-anak siap ditulis dan akan menerima model tulisan apa pun.

Imam Al-Ghazali menilai penting cara orang tua dan lingkungan sekitar yang akan menulis dan membentuk jiwa anak.

اعلم أن الطريق في رياضة الصبيان من أهم الأمور وأوكدها والصبيان أمانة عند والديه وقلبه الطاهر جوهرة نفيسة ساذجة خالية عن كل نقش وصورة وهو قابل لكل ما نقش ومائل إلى كل ما يمال به إليه

“Ketahuilah cara mendidik anak termasuk masalah yang paling penting dan paling penting. Anak merupakan amanah bagi kedua orang tuanya.

Hati mereka suci, mutiara berharga, bersih dari segala ‘ukiran’ dan rupa. Hati anak-anak menerima setiap ‘ukiran’ dan cenderung pada ajaran yang diberikan kepada mereka”.

Orang tua akan menuai pahala ketika mendidik anaknya dengan baik. Sebaliknya, orang tua akan memikul dosa yang besar waktu membiarkan begitu sahaja pertumbuhan anaknya.

Sebab itu, orang tua tidak boleh lalai dan abai dalam mendidik, mengasuh, dan membimbing anak.”

فإن عود الخير وعلمه نشأ عليه وسعد في الدنيا والآخرة وشاركه في ثوابه أبوه وكل معلم له ومؤدب وإن عود الشر وأهمل إهمال البهائم شقي وهلك وكان الوزر في رقبة القيم عليه والوالي له

“Jika orang tua membiasakan dan mengajarkan kebaikan, maka anak akan tumbuh dalam kebaikan dan bahagialah orang tuanya di dunia dan akhirat.

Ia pun akan mendapat pahala dari amal saleh yang dilakukan anaknya (tidak mengurangi hak pahala anak). Demikian juga berlaku bagi setiap guru dan pendidik.

Jika ia membiasakan keburukan dan membiarkan anaknya seperti membiarkan binatang ternak, maka ia akan celaka dan binasa. Sementara dosanya juga ditanggung pengasuh dan walinya.” (Imam Al-Ghazali)

Rasulullah menyebutkan satu pelajaran adab yang diberikan kepada anaknya lebih baik daripada ibadah sedekah makanan pokok seberat 1 sha atau setara 2,7 kilogram gandum.

عن جابر بن سمرة رضي الله عنه قال قال رسولُ الله صلى الله عليه وسلم لأنْ يُؤَدِّبَ الرجلُ وَلَدَه خيرٌ من أن يتصدق بصاع أخرجه الترمذي

“Dari sahabat Jabir bin Samurah ra, Rasulullah saw bersabda, ‘Mengajar seseorang pada anaknya lebih baik dari (ibadah/pahala) sedekah satu sha.” (HR At-Tirmidzi)

عن أَيُّوبَ بْنِ مُوسَى عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم مَا نَحَلَ وَالِدٌ وَلَدًا خَيْرًا لَهُ مِنْ أَدَبٍ حَسَنٍ

“Dari Ayyub bin Musa, dari bapaknya, dari Datuknya, Rasulullah saw bersabda, ‘Tiada pemberian orang tua terhadap anaknya yang lebih baik dari adab yang baik.” (HR At-Tirmidzi)

Pada riwayat Ibnu Majah, Rasulullah saw memerintahkan orang tua untuk memuliakan anak-anaknya. Sebab anak-anak adalah anugerah sekaligus amanah dari Allah.

Rasulullah juga memerintahkan kepada orang tua untuk menanamkan adab dan norma-norma akhlak kepada anak-anaknya.

عن ابن عباس عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال أَكْرِمُوْا أَوْلَادَكُمْ وَأَحْسِنُوْا آدَابَهُمْ رواه ابن ماجه

“Dari sahabat Abdullah bin Abbas ra, dari Rasulullah saw bersabda, ‘Muliakanlah anak-anakmu, perbaikilah adab mereka.” (HR Ibnu Majah). (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini