Putri Ariani, Syair Abu Nawas, dan Duta Seni Indonesia
Putri Ariani. foto: Instagram @arianinismaputri

Kharisma Putri Ariani, Finalis America’s Got Talent (AGT)2023 kian bersinar. Jadwal manggungnya semakin padat. Pejabat tinggi silih berganti ingin “kolabs” dengan dia.

Dari Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurrahman yang berduet bernyanyi hingga membuatkan “Anak Ajaib” itu meraba bintang di pundaknya.

Pun Presiden RI Joko Widodo malah lebih awal memberikan Karpet merah “nyawer’ untuk bekal melanjutkan Kompetisi.

Teranyar, Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan mendaulat Putri Ariani menjadi duta seni Indonesia. Penobatan Putri jadi duta seni Indonesia itu akan dilakukan pada puncak Tasyakuran Milad ke-48 MUI di Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

“Kami akan kukuhkan Putri Ariani sebagai salah satu duta seni Indonesia,” kata Ketua Panitia Milad ke-48 MUI Lukmanul Hakim, seperti dikutip dari situs MUI, Rabu (26/7/2023).

“Sekaligus bakal ada doa dan dukungan kepada Putri Ariani yang akan kembali berlaga di AGT 2023,” imbuh Lukman.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin secara khusus akan naik panggung megah Milad MUI Ke 48 untuk memberikan apresiasi.

Apresiasi dari Ma’ruf Amin kepada Putri Ariani ini berbentuk syal. Dalam kesempatan itu, Putri Ariani bakal tampil diiringi oleh Dwiki Dharmawan Orchestra.

Pada puncak Milad MUI ke-48 yang berlangsung Rabu malam itu, Putri Ariani akan menyanyikan dua lagu, yaitu lagu Al-Is’tirof dan lagu Pertama Indah Dunia.

Membawakan I’tiraf

Saat menampilkan orkestra bersama musisi senior Dwiki Dharmawan, Putri membawakan syair Abu Nawas yang sangat terkenal, yaitu I’tiraf.

Dengan mengenakan pakaian serba hitam dan warna emas, Putri membawakan syair tersebut sembari memainkan piano. Dengan suara khas merdunya, artis multitalenta itu pun membuat para pendengarnya merinding terpesona.

Pemilihan syair legenda Abu Nawas ini sengaja dipilih untuk mengingatkan umat manusia dengan segala kenikmatan, kesempurnaan yang diraih, namun jauh dari rasa syukur bahkan tidak jarang sebagian besar lalai hingga bersikap kufur.

Al-I’tiraf sendiri berarti pengakuan dosa. Syair Abu Nawas ini menggambarkan kegelisahan setiap manusia. Dosa yang terus bertambah setiap harinya, padahal jatah umur semakin berkurang.

Berikut penggalan lirik syair Abu Nawas yang dinyanyikan Putri Ariani:

إِلهِي لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ أَهْلاً , وَلاَ أَقْوَى عَلىَ النَّارِ الجَحِيْمِ

فَهَبْ ليِ تَوْبَةً وَاغْفِرْ ذُنُوْبيِ , فَإِنَّكَ غَافِرُ الذَّنْبِ العَظِيْم

“Ilaahii lastu lil firdausi ahlaan, wa laa aqwaa ‘alaa naaril jahiimi

Fa hablii taubatan waghfir zunuubii, fa innaka ghaafirudzdzambil ‘azhiimi”

Oh Tuhan aku bukanlah ahli surga/Juga tak mampu menahan siksa neraka

Kabulkanlah taubat ampuni dosa-dosaku/Hanyalah Engkau Maha Pengampun Dosa Hamba-Mu

Dosa-dosaku tak terhitung bagai debu, Ya Ilahi kumohon rahmat kasih-MU/Sisa umurku berkurang setiap hari/Dosa-dosaku makin bertambah Ya Ilahi

Hamba-Mu bersimpuh menyerahkan diri/Mengaku menyeru dan memohon ampunan-Mu/ Bila Kau ampuni, hanyalah Engkau Maha Pengampun/Bila Kau berpaling, ke mana lagi harapanku

Setelah membawakan syair ini, Putri Ariani dan Dwiki Dharmawan kemudian dipersilakan untuk berfoto bersama Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan Hj. Wury Ma’ruf Amin. Keduanya pun juga dikalungkan sebuah kain sebagai bentuk penghargaan.

Memenuhi Syarat

Di Milad ke-48 MUI seolah menjadi panggung besar Artis muda yang fasih berbahasa Inggris dan gemar membaca Alquran, lagi-lagi MUI mengukuhkan Putri Ariani sebagai duta seni Indonesia.

Bukan tanpa alasan, segudang prestasi Putri Ariani cukup memenuhi syarat sebagai Duta Seni. Catatan panjang prestasi akademiknya juga tidak diragukan.,

Prestasi seni dan tarik suara telah dibuktikan dipentaskan Dunia, bahkan dalam bidang agama sangat meyakinkan.

Saat manggung dipentaskan Dunia rasanya Putri Ariani bukan sekadar Duta Seni dengan segala keindahan suara dan talenta bermusiknya.

Dia menjadi Duta Remaja Berprestasi, Duta Hijab, hingga Inspirasi bagi Komunitas Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Tak salah bila MUI mengundang Putri Ariani di konser itu dan akan dikukuhkan Putri menjadi salah satu duta seni Indonesia.

Semesta mendukungmu, Putri. Seluruh rakyat Indonesia merestui langkah besarmu. Teruslah terbang mengepakkan karya menebar prestasi. Membawa nama harum Indonesia ke pentas internasional melalui karya.

Semangat berjuang, Putri. Doa kami Bangsa Indonesia menyertai langkahmu.
Semoga Allah meridai dan memberi terbaik cita-citamu yang ingi engkau torehkan untuk negerimu. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini