Saat Dirimu Terhalang dalam Kebaikan
Ilustrasi: successconsciousness.
UM Surabaya

Jika kaki kita terasa begitu berat untuk melangkah, walau sekadar berdiri menyambut seruan-Nya untuk salat berjamaah.

Jika lisan kita terasa begitu sulit untuk berucap, walau sekadar untuk berdoa atau berzikir.

Jika hati kita terasa keras tak ada keinginan, walau sekadar untuk membaca selembar ayat-ayat suci-Nya

Dan jika hidup kita dalam keadaan sehat dan memiliki banyak waktu bahkan bisa membuka media sosial, nongkrong di kafe atau warkop, dengerin musik, tidur-tiduran dan santai-santai, tetapi tak mampu melakukan amal saleh.

Maka ketahuilah bahwa kita sedang terhalang dalam kebaikan.

Dan tahukah apa penyebabnya terhalang dalam kebaikan? Penyebabnya adalah dosa.

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah berkata:

“Jika punggung telah berat memikul dosa- dosa, maka hati akan terhalangi untuk berjalan menuju Allah serta anggota badan juga akan terhalangi untuk bangkit melaksanakan ketaatan pada-Nya.” (Bada’iut Tafsir, 3/332)

Seorang laki-laki bertanya kepada al-Hasan al-Bashri, “Wahai Abu Sa’id, semalaman aku dalam keadaan sehat, lalu aku ingin melakukan salat malam dan aku telah menyiapkan kebutuhan untuk bersuci, tapi mengapa aku tidak dapat bangun ?” Al-Hasan menjawab, “Dosa- dosamu mengikatmu.” (Ihya’-u ‘Uluumid Diin I/313)

Meninggalkan dosa dapat memudahkan segala urusan. Maka sebagaimana pula melakukan dosa dan maksiat bisa menyulitkan segala urusan. Karena itu dangan ketakwaan adalah penerang jalan kehidupan. Sedang maksiat adalah kegelapan jalan kehidupan.

Allah Subhanallahu Wa Ta’ala juga berfirman:

“Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” (QS. Ath-Thalaq : 4)

Karena itu, hendaknya kita sebagai seorang muslim terus berusaha meninggalkan segala perbuatan dosa dan maksiat jika kita ingin segala urusan kita mendapat kemudahan dan pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Sebab segala bentuk dosa dan maksiat dapat menyulitkan urusan.

Semoga hal ini menjadi renungan bagi kita semua untuk segera bertobat, senantiasa beristigfar, hijrah meninggalkan dosa dan maksiat serta banyak berdoa memohon pertolongan Allah. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini