Pesantren Putri Ki Bagus Hadikusumo di Surabaya Diresmikan
Ketua PDM Kota Surabaya Dr HM Ridlwan MPd menandatangani prasasti Panti Pesantren Putri Muhammadiyah Ki Bagus Hadikusumo foto: ist

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya Dr HM Ridlwan MPd meresmikan Panti Pesantren Putri Muhammadiyah Ki Bagus Hadikusumo di Sukomanunggal.

Peresmian tersebut berbarengan dengan Musyawarah Cabang (Musycab) Ke-3 Muhammadiyah Sukomanunggal.

“Alhamdulillah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya patut bersyukur di akhir periode Pak Yahya, PCM Sukomanunggal bisa memberikan hadiah kepada PDM Kota Surabaya dengan pendirian Panti Pesantren Muhammadiyah yang ke-23,” kata Ridwan, Senin (14/8/2023).

“Jadi, ini adalah bagian terpenting dari usaha Muhammadiyah untuk membantu masyarakat yang tidak mampu, baik di Sukomanunggal maupun daerah lain sekitar Sukomanunggal,” imbuhnya.

Ridlwan menyampaikan, orang yang mengasuh dan mencintai anak yatim akan memperoleh tiga hal.

Pertama, nanti di akhirat selalu menjadi sahabat atau teman Rasulullah, untuk itu harus senang pengurus Muhammadiyah yang berlomba-lomba membantu dan mendidik anak yatim.

Kedua, dengan membantu anak yatim, akan dijauhkan dari marabahaya, oleh karenanya perbanyaklah membantu dan mendidik anak-anak yatim. Ketiga, akan memberikan keberkahan dan rezeki pada kita dan keluarga.

“Tiga hal tersebut tentu harus menjadi semangat kita untuk membantu anak yatim dengan sebagai donatur Pesantren Putri Muhammadiyah Ki Bagus Hadikusumo Sukomanunggal,” jelas Ridlwan yang juga Wakil Rektor I UM Surabaya itu..

“Kami selaku Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya mengimbau kepada seluruh warga yang ada di Sukomanunggal untuk bantu-membantu, bahu-membahu mengembangkan pesantren Muhammadiyah ini,” tuturnya.

Dipesankan juga, PDM ingin panti tersebut tidak sekadar sebagai tempat tidur anak-anak panti (yatim), namun benar-benar memberikan bekal untuk kehidupan yang akan datang.

“Utamanya bagaimana tahfiznya serta bagaimana anak tersebut juga menjadi kader Muhammadiyah yang berdakwah tidak hanya di Sukomanunggal, tetapi juga di seluruh Indonesia,” tandasnya.

H. Hariyanto SH MHum, sesepuh PCM Sukomanunggal, juga bersyukur pada pelaksanaan Musycab Ke-3 Muhammadiyah Sukomanunggal tersebut juga dilaksanakan launching Panti Pesantren Putri Muhammadiyah Ki Bagus Hadikusumo.

“Saya titip pesan kepada para Pimpinan Muhammadiyah Sukomanunggal yang terpilih untuk senantiasa menggerakkan kegiatan untuk kemajuan organisasi,” tuturnya.

Kegiatan tersebut  dihadiri Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sukomanunggal M Jahja Sholahudin SPd, Ketua Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) PDM Surabaya, Kepala Panti Asuhan Muhammadiyah se-Kota Surabaya, Ketua PCA Sukomanunggal Surabaya, pimpinan ranting, Ketua MUI Sukomanunggal KH Solichin MAg, kepala amal usaha Muhammadiyah (AUM). (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini