Sekretaris PP Muhammadiyah Lantik PCIM Taiwan
Para pengurus PCIM Taiwan. foto: ist

Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Taiwan resmi dilantik, Ahad (3/9/2023). Keberadaanya kini menjadi bagian integral dari upaya besar Muhammadiyah dalam konteks internasionalisasi.

Pada acara pelantikan, Sekretaris PP Muhammadiyah, Muhammad Sayuti mengungkapkan bahwa Muhammadiyah mulai meraih posisi yang kuat dalam komunitas internasional.

Sayuti menyatakan, Muhammadiyah secara resmi telah mendapatkan pengakuan dan legal standing di beberapa negara, termasuk Jepang, Jerman, Australia, dan Amerika Serikat.

“Pengakuan ini merupakan bukti nyata atas kontribusi positif Muhammadiyah dalam memajukan nilai-nilai Islam wasathiyah (moderat) dan berkemajuan,” katanya.

Di Australia, sebut Sayuti, Muhammadiyah telah mendirikan Muhammadiyah Australia College sebagai bagian dari upaya pendidikan Islam yang inklusif.

Muhammadiyah juga menjadi satu-satunya organisasi di Indonesia yang memiliki perguruan tinggi di luar negeri, yakni Universiti Muhammadiyah Malaysia, yang telah memberikan kontribusi besar dalam penyebaran pemikiran Islam moderat.

Selain itu, di Mesir, Muhammadiyah turut aktif dalam pendidikan dengan didirikannya TK ABA (‘Aisyiyah Bustanul Athfal), yang membantu menyebarkan pendidikan Islam yang berkualitas.

“Dan yang tak kalah penting, Muhammadiyah telah merintis Kampus SiberMu, sebuah kampus online yang menerima mahasiswa dari berbagai negara,” tegas Sayuti.

Dalam mata kuliahnya, termasuk di dalamnya pembahasan tentang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Muhammad Sayuti menegaskan, dengan misi internasionalisasi, kita ingin pandangan Islam wasathiyah, Islam Berkemajuan, semakin luas menjadi pilihan umat Islam di seluruh dunia.

“Itulah yang menjadikan penting posisi PCIM agar menjadi bagian dari misi yang menawarkan Islam Berkemajuan,” katanya.

PCIM Taiwan yang baru dilantik akan menjadi jembatan penting dalam memperkenalkan ajaran Islam moderat yang dianut oleh Muhammadiyah di kancah internasional.

Melalui langkah-langkah ini, Muhammadiyah berharap dapat terus memberikan kontribusi yang positif dalam membangun persepsi positif tentang Islam dan mewujudkan perdamaian serta keadilan di seluruh dunia.

STRUKTUR PCIM TAIWAN

Ketua: Damas Bariek.
Sekretaris I: Muhammad Alwi Eka Pranata
Sekretaris II: Vika Ramadhana Fitriyani
Bendahara I: Irna Kartina
Bendahara II: Tri Laksono
Kepala Kantor PCIM Taiwan Taipei: Fajar Kurnia Al-Farisi
Kepala Kantor PCIM Taiwan Taichung: Muhammad Alwi Eka Pranata. (*/tim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini