Muhammadiyah Ingin Membasahi Kawasan yang Kering Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Sorong

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Dadang Kahmad mengungkapkan alasan penyebaran dan pemerataan lembaga pendidikan Muhammadiyah di seluruh penjuru negeri adalah untuk membasahi kawasan-kawasan yang kering dari pendidikan.

“Kalau kami sebagai Ketua PP Muhammadiyah meninjau pendidikan di Papua begitu hebatnya, pendidikan Muhammadiyah di sana ada Universitas Muhammadiyah Sorong, Unimuda, di daerah lain termasuk juga di NTT kita juga mendirikan sekolah-sekolah itu,” ungkap Dadang, Ahad (27/8/2023).

Alasan tersebut juga menjadi landasan bagi Muhammadiyah dalam mendirikan SMK Muhammadiyah Kersamanah, Kabupaten Garut.

Dalam pandangan Dadang, anak-anak bangsa harus dibekali keterampilan untuk menghadapi kehidupan.

Sebelumnya, karena keterbatasan dana SMK Muhammadiyah Kersamanah sempat meminjam gedung milik SD Muhammadiyah setempat, hingga kemudian berhasil mendirikan gedung untuk SMK Muhammadiyah Kersamanah sendiri.

Dadang bersyukur semangat ta’awun yang dimiliki oleh Persyarikatan Muhammadiyah mampu merealisasikan gedung SMK Muhammadiyah Kersamanah. Pembangunan gedung ini tidak luput dari dukungan UHAMKA dan UAD, serta beberapa stakeholder yang lain.

“Ini nanti setelah tahapan-tahapan pembangunannya selesai, kami berencana akan mendirikan boarding school, semacam sekolah berbasis pesantren. Tujuannya adalah kita ingin membantu masyarakat di sini,” terang dia

Selain dua Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang disebutkan di atas, Dadang menambahkan, jadinya gedung pendidikan ini juga dari bantuan UMB, UMC, UM Tangerang dan Lazismu.

“Itulah sebagai ciri di Muhammadiyah itu tidak pernah berjalan sendiri, selalu saling tolong menolong. Kalau yang satu rendah, maka yang tinggi memberikan supaya merata,” tutur Dadang.

Terkait dengan pemilihan Kecamatan sebagai lokasi SMK, selain karena kesejarahan tempat ini sebagai daerah kelahiran Dadang, juga karena di daerah tersebut masih minim pendidikan berbasis keterampilan. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini