Bumi, Karunia Allah yang Sarat Keberkahan
foto: autocarpro.in

*) Oleh: Sigit Subiantoro
Anggota Majelis Tabligh PDM Kabupaten Kediri:

“Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu, yang mudah dijelajahi; maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan. (QS Al-Mulk: 15)

Bumi merupakan karunia Allah yang sarat keberkahan. Dalam ayat di atas, Allah memberitahukan bahwa bumi itu dijadikan-Nya mudah untuk dipijak, digali, dan dibangun sesuatu di atasnya. Allah tidak menjadikan bumi ini sulit dan keras untuk semua hal tersebut.

Allah menjadikan bumi sebagai hamparan, alas, permadani, tempat tinggal, dan tempat berkumpul. Dia menghamparkan dan membentangkannya.

Dikeluarkan oleh-Nya dari bumi itu mata air dan tumbuh-tumbuhan, lantas diperkokoh-Nya bumi itu dengan gunung-gunung.

Dia menjadikan jalan-jalan lurus dan lorong-lorong yang ada padanya terlihat jelas. Dialirkan-Nya pula di bumi itu sungai dan mata air.

Dia juga melimpahkan keberkahan di dalamnya serta menetapkan kadar makanan yang keluar dari perutnya untuk para penghuninya.

Di antara keberkahan yang terkandung di dalam bumi, tempat tinggal kita sekarang, adalah sebagai berikut:

1. Semua hewan beserta rezeki dan makanannya berasal dari tanah.

2. Jika Anda menanam satu biji tanaman di dalam tanah, niscaya bumi akan mengeluarkan biji-bijian yang sama untuk Anda dalam jumlah yang berlipat ganda.

3. Bumi rela menanggung beban di punggungnya dan mengeluarkan sesuatu yang terbaik dan bermanfaat dari perutnya untuk Anda.

Disimpan di dalam perutnya segala sesuatu yang buruk (seperti kotoran) dan dikeluarkan darinya segala sesuatu yang indah (seperti barang tambang dan mutiara).

4. Bumi menutupi dan menyembunyikan segala keburukan hamba beserta kotoran-kotoran yang keluar dari tubuhnya, menaunginya, serta mengeluarkan makanan dan minuman baginya.

Wallahu A’lam Bishshawab. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini