Membaca untuk Bekal Pengetahuan dan Kebahagiaan
foto: islamonline.net

*) Oleh: Ubaidilah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jomban

“Reading is a breath of life and a golden bridge to the future.”
(Membaca adalah napas hidup dan jembatan emas ke masa depan)

Allah Swt berfirman:

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ (1) خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ (2) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ (3) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (4) عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ (5)

“Bacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Rabbmulah Yang Maha Pemurah.

Yang mengajar (manusia) dengan perantaran qolam (pena). Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (Qs. Al ‘Alaq: 1-5)

Surat Al-Alaq 1-5 di atas menginspirasi manusia untuk gemar membaca. Sebab membaca itu adalah jendela ilmu.

Seseorang itu, baik pikiran, perasaan, dan perbuatannya tergantung buku-buku yang dibacanya.

Hal itu dikarenakan buku menjadi satu di antara sumber pengetahuan yang bisa menambah wawasan dan dapat membentuk karakter seseorang.

Bahkan ada manfaat kesehatan yang bisa diberikan oleh kebiasaan membaca buku. Beberapa manfaat yang diperoleh antara lain menurunkan stres, meningkatkan daya ingat, mencegah penyakit alzheimer, dan menangkal insomnia.

Itulah mengapa, penting untuk bisa gemar membaca buku. Namun, tak semua orang suka atau semangat untuk membaca.

Manfaat gemar membaca tercakup dalam perkataan Imam Asy Syafi’i:

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَةَ فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ

“Barang siapa yang menginginkan (kebahagiaan) dunia, maka hendaknya dengan ilmu. Dan barang siapa yang menginginkan (kebahagiaan) akhirat, maka hendaknya dengan ilmu. Dan barang siapa yang menginginkan (kebahagiaan) dunia akhirat, maka hendaknya dengan ilmu.”

Jadi bagi yang gemar membaca kemudian membuat seseorang mendapatkan ilmu adalah akan mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini