Empat Kiat Menghadapi Kerumitan Rumah Tangga
foto: mummyfromtheheart.com

1. Senantiasa sabar

Sabar adalah sifat yang harus dimiliki setiap insan. Sebab dengan sabar, manusia akan jauh lebih mudah mengurai masalah-masalah dalam hidupnya tanpa bertindak gegabah.

Begitu juga bagi pasangan suami dan istri, sifat sabar harus dimiliki oleh kedua belah pihak agar ketika masalah dalam rumah tangga hadir, suami maupun istri bisa sama-sama tenang dalam menghadapinya. Sehingga tak ada emosi yang tersulut antara keduanya.

2. Berempati terhadap kondisi yang tengah dihadapi pasangan

Pernikahan membuat dua orang yang sebelumnya hidup masing-masing menjadi terikat dan saling berhubungan.

Untuk itu, pasangan yang menikah tentu harus bisa memahami kondisi satu sama lain. Jika kamu adalah seorang istri, sudah seharusnya kamu berempati terhadap kondisi yang tengah dihadapi oleh suamimu.

Misalnya suamimu terkena pemutusan hubungan kerja, sebagai seorang istri, kamu harus menguatkannya untuk tidak rapuh dan curahkan perhatianmu agar ia merasa tidak sendirian dalam menghadapi ujian tersebut.

3. Memiliki sifat penyayang

Baik suami maupun istri tentu harus memiliki sifat penyayang. Ini karena sifat penyayang akan merawat rasa cinta antar keduanya. Bayangkan jika pernikahan tanpa ada kasih sayang di dalamnya, nasib pernikahan pun bisa terancam.

Untuk itu, tumbuhkan sifat penyayang antara satu sama lain. Jika kamu seorang suami, maka jangan ragu untuk mengapresiasi pekerjaan yang dilakukan sang istri dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika sifat penyayang melekat dalam diri suami maupun istri, maka rumah tangga pun akan mudah dipertahankan dan bisa terhindar dari ancaman perceraian.

4. Senantiasa jujur

Katakanlah kebenaran meski itu pahit. Demikian kalimat yang kerap kita dengar tentang makna dari kejujuran. Tak bisa dipungkiri, kejujuran merupakan modal utama dalam membina rumah tangga.

Ketika pasangan suami istri memiliki sifat jujur, maka biduk rumah tangga pun akan mudah dikendalikan sehingga tak goyang. Sebaliknya, jika pasangan tidak memiliki sifat jujur, maka pernikahan pun dapat dengan cepat berakhir dengan perpisahan. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini