Lima Sebab Mendapatkan Akhlak yang Baik
Ilustrasi: adobestock/paul fleet |

*) Oleh: Sigit Subiantoro
Anggota Majelis Tabligh PDM Kabupaten Kediri

1. Ikhlas

Keikhlasan seseorang dalam beramal memberikan dampak yang besar terhadap baiknya akhlak. Karena tidaklah dia berbuat kecuali hanya mencari dan mengharap rida Allah semata sehingga memunculkan akhlak yang baik.

2. Ilmu

Ilmu syar’i menjadi sebab seseorang berakhlak yang baik. Karena dengan ilmu dia mengetahui mana yang benar dan mana yang salah, mana kebaikan dan mana kejelekan, mana akhlak yang baik dan mana akhlak yang jelek.

3. Meneladani Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللهَ كَثِيرًا

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah. (QS al-Ahzab:21)

4. Bergaul dengan orang saleh

Di antara sebab seseorang bisa berakhlak yang baik adalah bergaul dengan orang-orang shalih yang mereka mempunyai akhlak yang baik.

5. Berdoa

Allah yang memberikan akhlak yang baik kepada siapa yang Allah kehendaki oleh karena itu marilah kita berdoa kepada Allah meminta akhlak yang baik.

Allah SWT berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

“Dan Rabbmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” (QS Ghaafir :60)

Di antara doa yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

اللَّهُمَّ اهْدِنِى لأَحْسَنِ الأَخْلاَقِ لاَ يَهْدِى لأَحْسَنِهَا إِلاَّ أَنْتَ وَاصْرِفْ عَنِّى سَيِّئَهَا لاَ يَصْرِفُ عَنِّى سَيِّئَهَا إِلاَّ أَنْتَ

”Ya Allah tunjukilah aku kepada akhlak yang paling baik karena sesungguhnya tidak ada yang dapat menunjukkanku padanya kecuali Engkau, dan palingkanlah aku dari kejelekan akhlak karena tidak ada yang memalingkannya kecuali Engkau. (HR Muslim)

Semoga bermanfaat.(*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini