Lindungi Karyawan dengan BPJS, Menko PMK Apresiasi Komitmen ITBM Polman
Muhadjir Effendi di di Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar. foto: ist

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengapresiasi langkah Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah (ITBM) Polewali Mandar, Sulawesi Barat dalam memberikan perlindungan jaminan sosial kepada seluruh tenaga pendidik dan staf, serta seluruh mahasiswa KKN-nya lewat Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini dia ungkapkan pada penyerahan secara simbolis kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada Rektor, Nursahdi Saleh di Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar (ITBM Polman), Kamis (14/9).

“Semoga hal ini membuat para dosen dan karyawan di ITBM Polman bekerja dengan semangat, karena sudah ada kepastian masa depannya karena sudah dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Muhadjir juga mengapresiasi Gubernur Sulawesi Barat dan Bupati Polewali Mandar atas dukungannya terhadap implementasi jaminan sosial ketenagakerjaan di daerah tersebut.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Polewali Mandar juga menyampaikan laporan kepada Menko PMK bahwa seluruh perguruan tinggi yang berada di Kabupaten Polewali Mandar sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan termasuk lembaga pendidikan milik Persyarikatan Muhammadiyah.

Dia menjelaskan, adapun manfaat yang kami berikan yakni pengobatan tanpa batas biaya jika terjadi kecelakaan kerja, bantuan beasiswa untuk 2 orang anak dari TK sampai Perguruan Tinggi maksimal Rp 174 juta.

“Santunan cacat total tetap sebesar 56 kali upah yang dilaporkan, santunan kematian karena kecelakaan kerja sebesar 48 kali upah yang dilaporkan. Santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB), santunan meninggal dunia Rp 42 juta, dan bantuan finansial ketika peserta mengalami PHK,” katanya.

Terpisah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sulawesi Barat Akhmad Hidayat juga menyampaikan dengan adanya kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan pemerintah yang diharapkan dapat membantu seluruh tenaga pendidik dan staf, serta seluruh mahasiswa KKN yang ada di ITBM Polman agar dapat optimal dalam melaksanakan aktivitas pekerjaannya.

“Banyak tenaga pendidik atau keluarganya yang telah merasakan manfaat program tersebut. Dan terkhusus seluruh tenaga pendidik dan staf yang ada di ITBM Polman yang telah terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan, mereka akan lebih tenang dan bersemangat dalam mendidik, sehingga akan melahirkan generasi yang lebih baik,” terang Akhmad.

Acara penyerahan ini turut dihadiri Pj. Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakrulloh, Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Polewali Mandar Melania Theresia Mokalu dan juga disaksikan oleh seluruh dosen, staf, mahasiswa ITBM Polman. (afn/ded)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini