Hadir di UNISA, Ini Pesan Krusial Mendikbudristek Nadiem Makarim
Nadiem Makarim menghadiri dialog interaktif di UNISA. foto: ist
UM Surabaya

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menaruh harapan bagi mahasiswa Universitas Aisyiyah (UNISA) menyongsong Indonesia Emas 2045.

Menurut dia, mahasiswa UNISA beserta dengan generasi muda yang seusia lainnya, akan menjadi penentu keberhasilan visi Indonesia mewujudkan asa menjadi negara maju pada 22 tahun yang akan datang.

“Untuk mencapai itu kita harus memastikan demografi kita menjadi bonus dan bukan menjadi liability (beban atau kerugian). Dan itu kuncinya di Sumber Daya Manusia,” kata Nadiem dalam dialog interaktif dengan para mahasiswa baru UNISA, Senin (18/9/2023).

Dia menagatakan, dalam waktu 10 tahun sampai 15 tahun, para mahasiswa UNISA akan menjadi pemimpin-pemimpin di berbagai sektor.

“Dan itu adalah investasi yang harus kita lakukan sekarang untuk mencapai visi tersebut,” tutur Nadiem

Mendikbudristek juga menyoroti pihak universitas sebagai penyelenggara pendidikan.
UNISA, kata dia, didorong untuk terus membangun keunggulan guna membantu visi pemerintah di atas.

Pada aspek pendidikan tinggi, pemerintah sendiri, terang dia, telah membangun jalan ke arah Indonesia Emas dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Program ini dia harapkan dimaksimalkan oleh mahasiswa UNISA untuk menggali potensi minat dan bakat yang dimiliki.

“Saya yakin anak-anak lulusan dari MBKM UNISA akan mendapatkan kesempatan karir yang luar biasa,” ujar Nadiem.

“Pesan saya, mahasiswa baiknya jangan cuma belajar di kampus saja, namun terlibatlah dalam berbagai aktivitas yang mengasah kepemimpinan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial,” katanya.

Ketua Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini berharap agar kerja sama ‘Aisyiyah dengan Kemendikbudristek dapat terus terjalin dengan baik.

“Aisyiyah dengan pemerintah saat ini hubungannya sangat baik. Kolaborasi ini sudah terjalin sejak lama dalam membangun dunia pendidikan di Indonesia,” ungkapnya.

Rektor UNISA Warsiti mengaku bangga karena UNISA menerima kedatangan Mendikbudristek yang pada kesempatan ini dapat berbagi inspirasi khususnya bagi mahasiswa baru di UNISA.

“Selamat mengikuti kegiatan. Saya harap dialog bersama Mas Menteri ini bisa menjadi langkah awal bagi mahasiswa dalam mempersiapkan kesuksesan di masa depan,” tuturnya. (afn/ded)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini