Menko PMK Dorong Alumni UMM Perkuat Wawasan Global

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy mendorong lulusan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk menjadi generasi muda berwawasan global.

Pentingnya wawasan global, sebut dia, disebabkan keadaan dunia yang sangat dinamis. Sehingga banyak ketidakpastian yang harus diwaspadai akibat krisis energi, krisis pangan, perubahan iklim global dan hingga geopolitik.

“Saya berharap para alumni punya wawasan global, karena Indonesia ini bagian tak terpisahkan dari dunia. Semua perubahan di dunia akan berdampak luas untuk Indonesia. Termasuk ketersediaan bahan makan lapangan kerja dipengaruhi oleh kondisi global,” ujarnya dalam pidato Sidang Senat Terbuka Wisuda ke-110 Tahun 2023 Program Vokasi, Sarjana, dan Pascasarjana UMM secara daring, Selasa (19/9/2023).

Muhadjir juga menyampaikan kiat khusus bagi para wisudawan dan wisudawati supaya bisa memasuki dunia kerja.

Kata dia, percaya diri dan menyiapkan diri sebaik-baiknya adalah kemampuan khusus yang harus dimiliki oleh para alumni UMM.

Dengan percaya diri, menurutnya, bertarung menjalani kehidupan yang keras sekalipun pada akhirnya bisa dan akhirnya menjadi juara.

“Masa depan Indonesia di tangan kalian. Kalau kalian bisa menyiapkan diri sebaiknya, setelah tamat UMM setelah mendapatkan bekal cukup dari UMM, Insya Allah kalian yang akan menjadi pemimpin masa depan Indonesia,” kata dia.

Ketua Badan Pembina Harian (BPH) itu juga berpesan agar para alumni UMM mempersiapkan diri menjadi generasi pemimpin di masa Indonesia Emas 2045. Sebab, di UMM mereka telah dididik sebagai kader umat, bangsa, dan kemanusiaan semesta.

“Saya yakin, saya akan percayakan sepenuhnya masa depan Indonesia masa depan umat di tangan kalian. Saya saksikan ini wajah penuh ceria, penuh optimis menyongsong Indonesia Emas 2045,” tegas Muhadjir. (afn/is)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini