Jangan Pernah Mengemis
foto: reuters
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Never beg for something, if you still have the strength to get it.”
(Janganlah sekali-kali mengemis untuk sesuatu, bila Anda masih mempunyai kekuatan untuk memperolehnya)

Setiap akan menjelang salat Jumat biasanya banyak sekali ditemukan pengemis yang berkeliaran di sekitar area kompleks masjid mereka mengejar uang receh dari para jamaah yang datang ke masjid. Mereka hanya bermodalkan tangan dan muka yang penuh belas kasihan.

عَنْ أَبِيْ ذَرٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: أَوْصَانِيْ خَلِيْلِي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ : ….. وَلاَ تَأْخُذْنِيْ فِي اللهِ لَوْمَةُ لاَئِمٍ، وَأَنْ لاَ أَسْأَلَ النَّاسَ شَيْئًا.

Dari Abu Dzar , ia berkata: “Kekasihku Rasullullah Saw berwasiat kepadaku dengan tujuh hal: …. Beliau melarang aku agar tidak meminta-minta sesuatu pun kepada manusia”. (Hadits Shahih Riwayat Imam Ahmad dalam musnadnya (V/159) l)

Masjid adalah rumah Allah SWT yang dibangun dengan niat untuk berzikir, berdoa, dan menegakkan ibadah kepada-Nya. Masjid tidak dibangun sebagai sarana untuk mengumpulkan harta dan perhiasan dunia.

Berdasarkan alasan-alasan tersebut, masjid bukanlah tempat untuk meminta-minta harta. Hal ini ditambah dengan alasan bahwa hal itu bisa mengganggu orang-orang yang sedang salat dan berzikir, serta beribadah di masjid.

Hukum Meminta-minta

Para ulama ijma’(sepakat) bahwa meminta-minta itu terlarang jika bukan dalam keadaan darurat. Dari ‘Abdullah bin ‘Umar berkata bahwa Rasulullah bersabda,

مَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَسْأَلُ النَّاسَ حَتَّى يَأْتِىَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَيْسَ فِى وَجْهِهِ مُزْعَةُ لَحْمٍ

“Seseorang yang selalu meminta-minta kepada orang lain, di hari kiamat ia akan menghadap Allah dalam keadaan tidak ada sekerat daging sama sekali di wajahnya.” (Hadits ShahiRiwayat Bukhari No. 1474 dan Muslim No. 1040)

Jadi kesimpulan dari seluruh paparan di atas, orang yang fakir dan dalam kondisi darurat dibolehkan minta-minta sekadar untuk keluar dari kondisi daruratnya.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini