Temui Perwakilan Muhammadiyah Association Singapore, Haedar Nashir Ingin Rekatkan Keragaman
foto: ist
UM Surabaya

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir ungkapkan keinginan Muhammadiyah untuk menampilkan religiusitas, nilai, dan etika hidup yang utama.

Hal itu disampaikan oleh Haedar seusai menjamu perwakilan Muhammadiyah Association Singapore di Kantor Suara Muhammadiyah (SM), Jl. KH. Ahmad Dahlan, Kota Yogyakarta, Senin (25/9/2023).

Dalam pertemuan tertutup itu, Haedar juga menyampaikan bahwa Muhammadiyah ingin merekat keragaman. Sekaligus mendorong Islam sebagai agama yang memajukan umat secara luas dalam berbagai aspek kehidupan.

“Dengan nilai-nilai Islam Berkemajuan yang seperti itu maka kehadiran Muhammadiyah akan dirasakan signifikansinya bagi masyarakat luas, bagi bangsa dan negara di dua negara ini (Indonesia dengan Singapura),” ungkap Haedar.

Di Indonesia dan Singapura, Muhammadiyah diharapkan gerakannya menjadi uswah hasanah. Lebih-lebih gerakan di bidang pendidikan, kesehatan, sosial-ekonomi, dan gerakan di bidang lain yang multiaspek.

Guru Besar Bidang Sosiologi ini memandang, di tengah perubahan deras yang dihadapi oleh masyarakat di Indonesia dan Singapura, Muhammadiyah perlu meningkatkan kualitas untuk menyongsong masa depan yang kian kompleks.

“Tanpa kualitas kita akan kalah dan bahkan kita akan tertinggal dalam gerakan pergerakan yang lain,” terang Haedar.

Pertemuan organisasi non pemerintah lintas negara tersebut juga membahas tentang kerja sama. Pertemuan seperti ini, kata Haedar, merupakan cara Muhammadiyah di Indonesia membangun kerja sama dengan organisasi sister Muhammadiyah di banyak negara.

“Melalui PCIM-PCIA sebenarnya kita terus bisa mengembangkan solidaritas, sekaligus juga kerja sama dan kolaborasi. Kolaborasi menjadi sangat penting untuk kedua negara ini, kami yakin akan bisa kuat karena kita berkolaborasi,” imbuhnya.

Haedar berharap, pertemuan ini menjadi pembuka kerja sama dengan organisasi sisters, maupun organisasi atau stakeholder lain di level internasional. Dalam pandangannya, gerakan internasionalisasi merupakan kanal untuk menyebarkan Islam sebagai rahmat seluruh alam. (*/ded)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini