Kiai Jazir dari Jokokarian Beber Lima Fungsi Masjid
MasjidAl Akbar Surabaya. foto: rumah.com

Takmir Masjid Jami’ Karang Dowo menggelar Tabligh Akbar dengan tema “Dari Masjid Umat Bangkit”, Rabu (27/92023).

Tabligh Akbar menghadirkan Ustaz KH Muhammad Jazir ASP dari Masjid Jokokariyan Yogyakarta. Acara diawali salat isya berjamaah dilanjutkan dengan kajian.

Dalam sambutannya Sugeng Rohani mewakili takmir, menyatakan bahwa Masjid Jami Karang Dowo (MJK) beberapa tahun lalu, melakukan rehab selama 1 tahun dan saat ini sudah selesai dengan sebuah bangunan yang megah representatif.

Sehingga para jamaahnya dalam melakukan ibadah nyaman dan khusuk. Serta ke depannya kajian seperti ini bisa digelar sebagai bentuk syiar dan memakmur masjid.

Ustaz KH Muhammad Jazir ASP dalam pemaparannya menguraikan tentang fungsi masjid. Kata dia, ada lima fungsi utama masjid.

Pertama, masjid merupakan Baitullah (Rumah Allah). Di mana masjid difungsikan untuk menunaikan salat

“Masjid yang berfungsi sebagai membangun hubungan antara hamba dengan Sang Khalik,” kata Jazir.

Kedua, masjid berfungsi sebagai Baitul Maal. Yakni, masjid merupakan tempat di mana umat atau masyarakat melakukan bersosialisasi apabila umat masyarakat membutuhkan.

“Di situlah masjid hadir membantu dalam mengatasi masalah dengan memanfaatkan dari maal tersebut,” terang Jazir.

Ketiga, masjid sebagai Baitul Tarbiyah. Masjid berfungsi sebagai tempat mendidik atau mengkader generasi muda dengan memberikan fasilitas kemudahan.

“Jika ada anak yang ingin melanjutkan studinya namun keluarga tidak mampu, maka masjid harus hadir,” papar dia.

Keempat, masjid sebagai Baitul Muamalah. Yakni, masjid berfungsi sebagai tempat atau wahana dalam memecahkan persoalan umat baik ekonomi, budaya dan lain sebagainya.

Kelima, masjid sebagai Baitul Syiasah (Syiasyi). Masjid juga berfungsi untuk memberikan sebuah tempat pendidikan politik keumatan dan kebangsaan. (rz/is)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini