MDMC Gelar di Semarak Bulan Pengurangan Risiko Bencana di UAD
foto: mdmc

Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) menggelar pembukaan Semarak Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Nasional 2023 di Universitas Ahmad Dahlan (UAD, Kamis (28/9/2023).

Acara ini bertepatan dengan peristiwa bencana gempa bumi dan likuifaksi di Palu pada tahun 2018 lalu. Peristiwa tersebut menjadi hikmah refleksi tersendiri bagi MDMC atas aksi kemanusiaan yang telah dilakukan selama ini.

Melalui peringatan Bulan PRB Nasional 2023, MDMC menyoroti kolaborasi pentahelix sebagai ajang penyelenggaraan giat Bulan PRB 2023 secara nasional.

Kolaborasi tersebut menjadi acuan MDMC se-Indonesia untuk ikut serta ramaikan kegiatan tahunan ini.

Adapun kegiatan didampingi Direktur Bidang Pencegahan BNPB, Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, Majelis Diktilbang PP Muhammadiyah dan Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) ‘Aisyiyah.

Sebelumnya, MDMC telah adakan rangkaian kegiatan kolaborasi guna memperingati puncak Bulan PRB Nasional 2023 pada 13 Oktober nanti.

Di antaranya Bimbingan Teknis (Bimtek) Disaster Management Planning, Kampanye Pengurangan Risiko Bencana di Sekolah, Pameran Kebencanaan, Pelatihan Tata Kelola Organisasi dan Fasilitator SPAB. Seluruh puncak kegiatan tersebut akan dimeriahkan di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Direktur Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi menyampaikan apresiasinya kepada MDMC atas konsistensi dan komitmen dalam mengampanyekan bulan PRB Nasional.

“Investasi PRB perlu selalu dilakukan secara fokus dan inklusif dalam pembangunan berkelanjutan agar manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.” kata dia.

Selanjutnya, Prasinta juga sampaikan bahwa peringatan bulan PRB Nasional 2023 dapat menjadi pengingat atas kemajuan dan pencapaian dalam mempertahankan ketangguhan dari dampak bencana yang ada di Indonesia.

“Rangkaian PRB menjadi upaya menghimpun hikmah refleksi pembelajaran semua pihak dan wadah menyampaikan gagasan serta kerangka aksi resiliensi bencana di Muhammadiyah.” papar dia.

Lebih lanjut, Ketua Pimpinan Pusat MDMC Budi Setiawan menegaskan bahwa MDMC merupakan kekuatan Muhammadiyah dalam bidang pengelolaan bencana.

“Dengan adanya kegiatan ini kami mengajak seluruh pimpinan dari berbagai lembaga untuk ikut menyemarakkan Bulan PRB Nasional melalui berbagai bentuk kegiatan. Ini menunjukkan bahwa kami ingin peringatan Bulan PRB Nasional 2023 bukan acara seremonial saja,” tandasnya. (ded)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini