Hidup yang Dimudahkan
Ilustrasi: muslimmemo.com
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“When we help others we are actually helping ourselves”
(Ketika kita menolong orang lain sebenarnya kita sedang menolong diri kita sendiri)

Allah menyatakan bahwa dia akan memberikan kemudahan kepada orang-orang beriman setelah mereka menghadapi kesulitan.

Bagi seseorang yang hidup dengan agama Allah, tidak ada penderitaan, duka cita, atau putus asa.

Dalam beberapa ayat, Allah menjanjikan akan menolong orang-orang yang berserah diri kepada-Nya dan orang-orang yang membantu agama-Nya dan akan memberikan kehidupan yang baik kepada mereka, baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Kesulitan boleh ada tetapi semua itu dimudahkan oleh Allah, dalam masalah ékonomi, pergaulan, pekerjaan semua dimudahkan oleh Allah. Tuhan kita tidak mengingkari ucapan-Nya, menyatakan sebagai berikut,

وَقِيلَ لِلَّذِينَ ٱتَّقَوْا۟ مَاذَآ أَنزَلَ رَبُّكُمْ ۚ قَالُوا۟ خَيْرًا ۗ لِّلَّذِينَ أَحْسَنُوا۟ فِى هَٰذِهِ ٱلدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۚ وَلَدَارُ ٱلْءَاخِرَةِ خَيْرٌ ۚ وَلَنِعْمَ دَارُ ٱلْمُتَّقِينَ

“Dan dikatakan kepada orang-orang yang bertakwa: “Apakah yang telah diturunkan oleh Tuhanmu?”

Mereka menjawab: “(Allah telah menurunkan) kebaikan”. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini mendapat (pembalasan) yang baik.

Dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertakwa.” (Qs. An-Nahl: 30)

Allah memberikan berita gembira kepada orang-orang yang beriman bahwa dia akan memberikan keberhasilan kepada orang-orang yang menjalankan agama-Nya:

فَأَمَّا مَنْ أَعْطَىٰ وَٱتَّقَىٰ.وَصَدَّقَ بِٱلْحُسْنَىٰ.فَسَنُيَسِّرُهُۥ لِلْيُسْرَىٰ

“Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa, dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga), maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah. (QS. Al-Lail : 5-7)

Dari Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah saw bersabda,

مَنْ نَـفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُـرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا ، نَـفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُـرْبَةً مِنْ كُـرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَـى مُـعْسِرٍ ، يَسَّـرَ اللهُ عَلَيْهِ فِـي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ، وَمَنْ سَتَـرَ مُسْلِمًـا ، سَتَـرَهُ اللهُ فِـي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ، وَاللهُ فِـي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ ، وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًـا ، سَهَّـلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَـى الْـجَنَّةِ ، وَمَا اجْتَمَعَ قَـوْمٌ فِـي بَـيْتٍ مِنْ بُـيُوتِ اللهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللهِ ، وَيَتَدَارَسُونَـهُ بَيْنَهُمْ ، إِلَّا نَـزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ ، وَغَشِـيَـتْـهُمُ الرَّحْـمَةُ ، وَحَفَّـتْـهُمُ الْـمَلاَئِكَةُ ، وَذَكَـرَهُمُ اللهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ ، وَمَنْ بَطَّـأَ بِـهِ عَمَلُـهُ ، لَـمْ يُسْرِعْ بِـهِ نَـسَبُـهُ

“Barang siapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allâh melapangkan darinya satu kesusahan di hari kiamat.

Barang siapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan (dalam masalah hutang), maka Allâh Azza wa Jalla memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat.

Barang siapa menutupi (aib) seorang muslim, maka Allâh akan menutup (aib)nya di dunia dan akhirat.

Allâh senantiasa menolong seorang hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya. Barang siapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu, maka Allâh akan mudahkan baginya jalan menuju Surga.

Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allâh (masjid) untuk membaca Kitabullah dan mempelajarinya di antara mereka, melainkan ketenteraman akan turun atas mereka, rahmat meliputi mereka, malaikat mengelilingi mereka, dan Allâh menyanjung mereka di tengah para malaikat yang berada di sisi-Nya.

Barang siapa yang diperlambat oleh amalnya (dalam meraih derajat yang tinggi-red), maka garis keturunannya tidak bisa mempercepatnya.” Hadits Shahih Diriwayatkan Muslim No. 2699,

Jadi yang termasuk jalan agar dimudahkan oleh Allah SWT adalah dengan memudahkan urusan orang lain yang sedang kesulitan.

Karena manfaat yang akan diperolehnya adalah ia akan mendapatkan kemudahan dari Allah SWT baik di dunia maupun di akhirat. Semoga bermanfaat (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini