Hikmah Pengharaman Emas dan Sutra Bagi Laki-laki
foto: vaibhavjewellers.com

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Muballigh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Your intention is to look contemporary, but instead you will get cursed.”
(Maksud hati supaya terlihat kekinian apa daya malah mendapat laknat)

Sering kita menjumpai insan olahragawan muslim menggunakan cincin, kalung yang terbuat dari emas semakin tren jadi aksesoris, hal ini dapat kita saksikan pada saat mereka bertanding.

Padahal seperti diketahui, pria muslim dilarang menggunakan emas, baik itu berbentuk cincin, kalung atau sejenisnya. Disebutkan dalam hadis Hudzaifah bin al-Yaman berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda:

لاَ تَشْرَبُوْا فِيْ آنِيَةِ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ، وَلاَ تَأْكُلُوْا فِيْ صِحَافِهِمَا، فَإِنَّهَا لَهُمْ فِي الدُّنْيَا، وَلَكُمْ فِي الآخِرَةِ

“Janganlah kamu minum dengan gelas (yang terbuat) dari emas dan perak, dan jangan pula kamu makan pada piring yang terbuat dari emas dan perak, karena sesungguhnya yang seperti itu adalah untuk mereka (orang kafir) di dunia, dan buat kamu di akhirat. (Muttafaq ‘alaihi). (Hadis sahih diriwayatkan oleh Bukhari No. 5426 dan Muslim No. 2067)

Hadis yang mulia ini menunjukkan larangan menggunakan bejana-bejana yang terbuat dari emas dan perak untuk makan dan minum. Para Ulama sepakat dalam mengharamkan makan dan minum menggunakan bejana emas dan perak.

Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita, dari Abu Musa berkata bahwa Rasulullah saw bersabda:

أُحِلَّ الذَّهَبُ وَالْحَرِيرُ لِإِنَاثِ أُمَّتِي وَحُرِّمَ عَلَى ذُكُورِهَا
:
“Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari umatku, namun diharamkan bagi para pria.” (Hadis sahih diriwayatkan oleh An-Nasa’i No.5148)

Dalam hadis yang lain, Dari Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda:

لاَ تَلْبَسُوا الْحَرِيرَ فَإِنَّهُ مَنْ لَبِسَهُ فِى الدُّنْيَا لَمْ يَلْبَسْهُ فِى الآخِرَةِ

“Janganlah kalian memakai sutra karena siapa yang mengenakannya di dunia, maka ia tidak mengenakannya di akhirat.” (Hadis sahih diriwayatkan oleh Bukhari No. 5633 dan Muslim No. 2069)

Islam melarang laki-laki mengenakan sutra dan emas, namun sebenarnya bukan tanpa alasan. Islam melarangnya lantaran itu semua demi kebaikan umatnya.

Dalam hal ini, ada beberapa alasan logis yang ditinjau dari berbagai sudut pandang mengenai alasan kenapa laki-laki dilarang mengenakan sutra dan emas.

Secara medis, laki-laki yang mengenakan perhiasan emas dalam jangka waktu lama akan berpotensi terkena Alzheimer, yaitu semacam penyakit yang mengakibatkan turunnya kemampuan fisik dan ingatan.

Hal ini disebabkan oleh migrasi emas yang terjadi karena meresapnya atom emas ke dalam lapisan kulit sehingga atom tersebut dapat ditemukan dalam jumlah melebihi kadarnya dan terkandung di dalam urine.

Sedangkan pada wanita, tumpukan atom emas tersebut dapat dikeluarkan bersamaan dengan haid, sehingga tidak membahayakan kesehatan. Semoga bermanfaat.(*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini