PDA Tulungagung Menggandeng MDMC Memberikan Pelatihan Keterampilan Mitigasi Bencana
PDA Tulungagung menggandeng MDMC memberikan pelatihan ketrampilan mitigasi bencana di lingkungan satuan PAUD.
UM Surabaya

Majelis PAUD dan Dasmen serta LLHPB Pengurus Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Tulungagung menggandeng MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) untuk memberikan pelatihan ketrampilan mitigasi bencana di lingkungan satuan PAUD. Kegiatan berlangsung di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Junjung Kecamatan Sumbergempol, Jum’at (20/10).

Hal ini mengingat wilayah Tulungagung seringkali terkena bencana, sehingga masyarakat harus mempersiapkan diri. Terlebih PAUD ‘Aisyiyah seringkali dijadikan sebagai tempat penampungan evakuasi bencana.

Koordinator LLHPB PDA Tulungagung, Endah Wijayanti, mengungkapkan kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesiapan satuan PAUD dalam menghadapi situasi bencana. Dirinya mengatakan bahwa, dalam kesulitan, salah satu cara menghadapinya adalah melakukan persiapan.

“Terutama dalam situasi bencana, persiapan adalah hal yang harus diperhatikan secara serius,”kata Endah

Pelatihan mitigasi bencana pada lingkungan satuan PAUD di Tulungagung ini merupakan langkah awal untuk mempersiapkan para guru dan tenaga kependidikan dalam menghadapi situasi bencana yang mungkin terjadi di wilayah Tulungagung.

“Semoga berbagai langkah dan upaya ini dapat terus ditingkatkan untuk menjaga keselamatan dan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Beberapa materi yang diberikan di antaranya standar minimal perlengkapan dan obat-obatan yang harus disediakan di ruang UKS di satuan PAUD.

Selain itu, para peserta juga diberikan pengetahuan tentang tindakan kegawatdaruratan di sekolah, seperti saat anak didik terjatuh, mengalami mimisan karena terkena benda tajam, atau bahkan saat anak didik tertelan benda asing di lingkungan sekolah.

Sementara itu, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Tulungagung melalui Majelis PAUD dan DASMEN juga turut memberikan dukungan dan berterima kasih kepada MDMC yang telah memberikan pelatihan kepada para guru PAUD ‘Aisyiyah.

Ketua Majelis PAUD dan DASMEN PDA Tulungagung, Siti Riwajati, mengungkapkan bahwa para peserta dalam pertemuan ini tampak semangat dan antusias dalam mengikuti materi yang disampaikan.

“Terimakasih atas materi yang disampaikan dalam pertemuan ini. Para peserta tampak semangat serta antusias saat mendengarkan paparan para pemateri. Semoga materi ini dapat memberikan manfaat terus berkelanjutan,”ujarnya.

Ia berharap bahwa materi ini dapat memberi manfaat terus-menerus pada para guru PAUD ‘Aisyiyah dalam menghadapi situasi darurat dan bencana yang mungkin terjadi di wilayah Tulungagung.

“Harapannya pengetahuan yang diperoleh guru dan tenaga kependidikan melalui pelatihan ini dapat diterapkan di lingkungan satuan PAUD untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kepedulian dalam menghadapi bencana,” harapnya. (endah/Iwan AG)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini