Indahnya Persaudaraan Atas Nama Iman
foto: reuters

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“The beauty of brotherhood in the name of faith. Together we bear each other’s burdens.”
(Indahnya persaudaraan atas nama iman. Seiring sejalan saling menanggung beban)

Persaudaraan adalah hubungan yang erat dan harmonis antara sesama manusia. Persaudaraan tidak hanya terjadi pada saudara kandung atau keluarga, tetapi juga bisa terjalin antara sesama individu yang tidak memiliki hubungan keluarga.

Dalam Islam, konsep persaudaraan dijelaskan sebagai sesuatu yang sangat penting, dan dianggap sebagai salah satu pintu menuju kebahagiaan dunia dan akhirat. sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya.

“إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ”

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara, karena itu perbaikilah hubungan antara kedua saudaramu itu dan takutlah kepada Allah, agar kamu mendapat rahmat.”(QS. Al-hujurat: 10)

Dari Abu Hamzah Anas bin Malik pembantu Rasulullah berkata bahwa Rasulullah saw bersabda:

لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيْهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

“Salah seorang di antara kalian tidaklah beriman (dengan iman sempurna) sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari, No. 13 dan Muslim, No. 45)

Dari dalil-dalil di atas, kita bisa melihat betapa indah dan pentingnya persaudaraan dalam Islam. Hal ini menegaskan bahwa kita harus saling mencintai, tolong-menolong, dan menjaga persaudaraan satu sama lain, agar kita bisa meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.

Semoga kita semua senantiasa menjalin persaudaraan yang indah dan harmonis, serta saling tolong-menolong dalam kebaikan dan ketaatan kepada Allah SWT. Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini