Manfaat Sarapan Pagi
foto: bayut.com

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Don’t forget to have breakfast, so you can be strong to face reality”
(Jangan lupa sarapan, agar kuat menghadapi kenyataan)

Sarapan pagi sering kali dianggap sebagai makanan yang paling penting dalam sehari.

Banyak orang meyakini bahwa rutin sarapan pagi dapat memberikan tubuh energi yang dibutuhkan untuk mengarungi kesibukan sehari-hari dengan penuh semangat. Adapun manfaat sarapan pagi bagi kesehatan adalah:

Pertama, menjaga berat badan. Sarapan pagi yang sehat dapat memberikan energi yang diperlukan serta mengendalikan asupan kalori.

Hal ini akan membantu mengontrol nafsu makan sepanjang hari, sehingga dapat membantu menjaga berat badan yang ideal.

ثَلَاثٌ مُهْلِكَاتٌ وَ ثَلَاثٌ مُنْجِيَاتٌ فَأَمَّا ثَلَاثٌ مُهْلِكَاتٌ: شُحٌّ مُطَاعٌ وَ هَوًى مُتَّبَعٌ وَإِعْجَابُ الْمَرْءِ بِنَفْسِهِ و ثَلَاثٌ مُنْجِيَاتٌ : خَشْيَةُ اللَّهِ فِي السِّرِّ والعلانيةِ وَالْقَصْدُ فِي الْفَقْرِ وَالْغِنَى وَالْعَدْلُ فِي الْغَضَبِ وَالرِّضَا

“Tiga perkara yang membinasakan dan tiga perkara yang menyelamatkan. Adapun tiga perkara yang membinasakan adalah: kebakhilan dan kerakusan yang ditaati, hawa nafsu yang diikuti, dan seseorang yang membanggakan diri sendiri.

Sedangkan tiga perkara yang menyelamatkan adalah takut kepada Allâh di waktu sendirian dan dilihat orang banyak, sederhana di waktu kekurangan dan kecukupan, dan (berkata/berbuat) adil di waktu marah dan ridha. (HR Al-Bazzar, Ath-Thabrani dihasankan Albani di dalam Silsilah As-Shahihah No.1802)

Kedua, Menjaga konsentrasi. Sarapan pagi memberikan gizi yang penting untuk otak, yang membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi pada pekerjaan atau kegiatan lain sepanjang hari. Dari Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda:

اِحْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلاَ تَعْجِزْ

“Bersemangatlah melakukan hal yang bermanfaat untukmu dan meminta tolonglah kepada Allah, serta janganlah engkau malas.” (HR. Muslim, No. 2664)

Ketiga, meningkatkan metabolisme. Sarapan pagi dapat meningkatkan metabolisme tubuh, yang membantu pembakaran kalori lebih efisien sepanjang hari dan mendukung penurunan berat badan. Dari Al-Miqdam bin Ma’dikarib berkata bahwa Rasulullah saw bersabda:

مَا مَلَأَ آدَمِيٌّ وِعَاءً شَرًّا مِنْ بَطْنٍ بِحَسْبِ ابْنِ آدَمَ أُكُلَاتٌ يُقِمْنَ صُلْبَهُ فَإِنْ كَانَ لَا مَحَالَةَ فَثُلُثٌ لِطَعَامِهِ وَثُلُثٌ لِشَرَابِهِ وَثُلُثٌ لِنَفَسِهِ

رَوَاهُ الإِمَامُ أَحْمَدُ وَالتِّرْمِذِيُّ وَالنَّسَائِيُّ وَابْنُ مَاجَهْ وَقَالَ التِّرْمِذِيُّ:حَدِيْثٌ حَسَنٌ

“Tidak ada tempat yang lebih jelek daripada memenuhi perut keturunan Adam. Cukup keturunan Adam mengonsumsi yang dapat menegakkan tulangnya.

Kalau memang menjadi suatu keharusan untuk diisi, maka sepertiga untuk makannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga untuk nafasnya.” (HR. Imam Ahmad 4:132)

Keempat, Mencegah penyakit jantung. Kebiasaan sarapan pagi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, karena membantu menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah yang sehat.

Kelima, Menjaga kadar gula darah. Mengonsumsi sarapan pagi secara teratur dan tidak berlebihan dapat membantu menjaga kadar gula darah yang seimbang, terutama bagi mereka yang memiliki diabetes atau resistensi insulin. Allah Swt berfirman:

يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ خُذُوا۟ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا۟ وَٱشْرَبُوا۟ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.

Ayat ini mengingatkan kita untuk tidak berlebihan dalam makan dan minum, dan ini termasuk memastikan bahwa kita meluangkan waktu untuk sarapan pagi dengan cara yang sehat dan seimbang.

Dengan demikian, sarapan pagi memiliki banyak manfaat kesehatan yang penting dan didukung oleh petunjuk dari agama Islam.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memulai rutinitas sarapan pagi yang seimbang dan sehat, demi mendapatkan manfaat yang maksimal. Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini