Tak Ada Larangan untuk Cinta Dunia
foto: insights.uca.org.au
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Love of Allah is the peak, the valley is love of others.”
(Cinta kepada Allah adalah puncaknya, lembahnya adalah cinta kepada sesama)

Islam membolehkan manusia mencintai dunia. Cinta yang dibimbing sinar ilahi sehingga membawa kehidupan kita menjadi indah.

Kehidupan ini menjadi indah karena ada cinta. Tanpa rasa cinta, maka kehidupan ini berasa sunyi.

Dengan dorongan cinta maka kehidupan menjadi penuh gairah, penuh semangat dan penuh warna. Alangkah sepi kehidupan yang tanpa cinta. Sebagaimana dalam firman-Nya:

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ ٱلشَّهَوَٰتِ مِنَ ٱلنِّسَآءِ وَٱلْبَنِينَ وَٱلْقَنَٰطِيرِ ٱلْمُقَنطَرَةِ مِنَ ٱلذَّهَبِ وَٱلْفِضَّةِ وَٱلْخَيْلِ ٱلْمُسَوَّمَةِ وَٱلْأَنْعَٰمِ وَٱلْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَٰعُ ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا ۖ وَٱللَّهُ عِندَهُۥ حُسْنُ ٱلْمَـَٔابِ

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang.

Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah lah tempat kembali yang baik (surga). (QS. Ali Imran: 14)

Ayat di atas menyebutkan sebagian dari apa saja yang menjadi kecintaan manusia. Dimulai dengan menyebut cinta kepada lawan jenis yang laki-laki jatuh cinta kepada wanita dan tentu wanita kepada pasangannya: laki-laki.

Islam bahkan memfasilitasi hubungan lawan jenis ini agar asmara yang membara di dada manusia itu dapat menjadi modal baginya dalam membangun kehidupan yang sakinah mawadah warahmah.”

Rasa cinta dan kasih sayang inilah karunia Allah yang Maha Penyayang yang luar biasa.

Manusia bisa membuat patung yang persis aslinya. Tetapi tanpa perasaan apa pun. Manusia bisa membuat robot yang bisa bergerak dan berbuat menirukan gerak manusia, tetapi hampa rasa.

Hanya Allah yang bisa membuat rasa sehingga ada tawa dan tangis, ada sedih dan gembira. Itu semua membuat hidup menjadi indah. Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini