Pengukuhan Jajaran Pimpinan Pusat Forum Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammasiyah FOKAL IMM
Pengukuhan Jajaran Pimpinan Pusat Forum Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammasiyah FOKAL IMM.
UM Surabaya

Pengukuhan Jajaran Pimpinan Pusat Forum Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (FOKAL IMM) resmi digelar di Menara Peninsula Slipi, Jakarta Pusat, Sabtu 28/10/23. Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof  Dr Haedar Nashir hadir dalam kesempatan tersebut untuk memberikan taushiyah.

Menurut Haedar, eksistensi Fokal sebagai lumbung kader potensial dalam menyiapkan estafet kepemimpinan para pendahulu.

“Silaturahmi sangat penting dan menjadikan Fokal sebagai lumbung kader  potensial bagi Muhammadiyah,” tegasnya.

Lebih lanjut Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah ini mewanti-wanti agar para alumni untuk mampu menangkap berbagai peluang dan persolaan umat dengan baik. Tidak kalah penting adalah merawat tradisi intelektualitas.

“Fokal saya kira sudah khatam menjaga tradisi intelektualitasnya, sehingga jangan mudah terjebak dengan  hal-hal  yg bersifat wajah  (panggung) depan, agar dapat menemukan  keadaban moralitas secara utuh di wajah belakang,”Imbuhnya.

Salah satu aspek yang harus diperhatikan, imbuhnya  menjadikan Fokal sebagai penopang visi Muhammadiyah sebagai salah satu pilar bangsa.

“Muhammadiyah perlu topangan kader yang mampu menopang visi Muhammadiyah, ke depan diharapkan lahir gelombang baru dari level AMM dengan kualitas unggul diatas rata-rata dan kompetitif,” tegasnya.

Haedar juga berpesan agar potensi besar berupa jaringan di 28 Pimpinan Cabang Istimewa (PIC) di berbagai negara bisa kapitalisasi sebagai spirit perjuangan dakwah keumatan. Oleh karena itu, para pucuk pimpinan harus fokus pada misi dakwah Muhammadiyah.

“Pilotnya harus istiqomah tidak  boleh banyak  manuver, potensinya haris mampu ber-diaspora dengan baik tetapi dengan  pakem terukur dari sisi marwah, moral dan pride,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PP FOKAL IMM Prof Dr Ma’mun murod Albarbasyi dalam sambutan menegaskan  peran kebangsaan para Kader FOKAL di tahun politik harus elegan  bijak dan menyejukkan.

“InsyaAllah kita hadirkan tiga Capres-Cawapres untuk didengar visi dan komitmen kebangsaannya, silahkan ditimang-timang lah ya,” tegas Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Pengukuhan PP FOKAL IMM bertema membangun “Sinergitas Politik untuk mewujudkan   Politik beradab” dihadiri 21 Kordinator Wilayah perwakilan propinsi.

Selain pengukuhan dan silaturahiim nasional, forum juga mengagendakan pandangan dari Korwil, dilanjutkan  rekomendasi-rekomendasi serta prioritas program dan potensi Politik jelang Pilpres 2024. Hadir dalam acara pembukaan, bakal calon Wakil Presiden  Ahmad Muhaimin Iskandar, menyusul Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo. Sedangkan Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto dalam konfirmasi hadir esok hari. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini