Pemilu Harus Terselenggara SecaraKonstruktif, Bukan Memecah Belah
Diskusi Pemilu di PRM Karangagung. foto: ist

Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Karangagung bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tuban menyelenggarakan Diskusi Publik Muhammadiyah dan Pemilu 2024 bertajuk “Literasi dan Media Politik Jelang Pemilu 2024”.

Kegiatan ini bertepatan juga dengan semangat Sumpah Pemuda. Kegiatan ini bertempat di Gedung PRM Karangagung, Sabtu (28/10/2023).

Kegiatan ini sebagai upaya untuk mengawal berlangsungnya Pemilihan Umum pada 14 Februari 2024 mendatang.

Dalam sambutannya, ketua PRM Karangagung Ahmad Ruston menyampaikan bahwa Muhammadiyah bukanlah partai politik.

“Kader-kader Muhammadiyah yang aktif berpolitik harus mampu memperjuangkan kebijakan yang berorientasi kepada kebaikan masyarakat,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Ketua PCM Palang Abdullah As’ad yang hadir membuka acara.

“Pemilu itu penuh dinamika, tapi, pemilu juga harus terselanggara secara konstruktif, membangun, dan tidak pecah belah.” jelas As’ad.

Diskusi publik diawali dengan materi yang disampaikan oleh M. Nur Rokib, komisioner KPU Kabupaten Tuban, dan Yeni sebagai perwakilan dari Diskominfo Kabupaten Tuban.

Kedua pembicara tersebut membahas mengenai pentingnya literasi dan media politik sebagai bagian dari upaya membangun pemilih yang cerdas dan berkomitmen pada pemilihan yang berkualitas.

Para peserta diskusi pun sangat antusias menanyakan beragam pertanyaan, yang menunjukkan tingginya rasa ingin tahu masyarakat terhadap topik ini.

Diskusi publik ini menjadi sebuah forum penting bagi masyarakat dalam mengembangkan pemahaman dan literasi politik.

Terlebih dengan adanya Pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang, upaya-upaya dalam meningkatkan literasi dan juga kualitas pemilihan sangatlah penting untuk dibahas dan dilakukan bersama-sama oleh berbagai pihak, termasuk Muhammadiyah sebagai organisasi masyarakat yang konsen terhadap keberhasilan pembangunan di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, PRM Karangagung juga menggelar Deklarasi Pemilu Damai dan Berintegritas menyambut Pemilu 2024. (abdul aziz rofiqi /iwan abdul gani/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini