Salat sebagai Kunci Menjalani Hidup Bahagia dan Sukses
foto: oxfordstudent.com
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Improve your prayer and Allah will improve your life”
(“Perbaiki salatmu, maka Allah akan perbaiki hidupmu)

Salat merupakan salah satu kewajiban utama dalam Islam yang harus dilakukan oleh setiap muslim.

Salat bukan hanya sebagai ibadah, tapi juga sebagai kunci kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup. Sebagaimana dalam firman-Nya,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah:153)

Surat ini mengajarkan kita untuk selalu bersabar dan melaksanakan salat karena Allah senantiasa membimbing orang-orang yang sabar dalam menjalani hidup.

Dalam firman Allah yang lain:

ٱتْلُ مَآ أُوحِىَ إِلَيْكَ مِنَ ٱلْكِتَٰبِ وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ ۖ إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ تَنْهَىٰ عَنِ ٱلْفَحْشَآءِ وَٱلْمُنكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ ٱللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar.

Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Ankabuut: 45)

Melaksanakan salat secara khusyuk dan istikamah akan menjauhkan diri kita dari perbuatan dosa dan maksiat, yang merupakan sumber kebahagiaan dan kesuksesan yang sejati.

Selain itu, salat juga menjadi wasilah meningkatkan kualitas diri dalam berbagai aspek, seperti disiplin, konsentrasi, dan ketenangan jiwa sehingga kita dapat mengambil keputusan yang tepat dan menghadapi berbagai masalah dengan bijaksana.

Oleh karena itu, marilah kita sebagai umat muslim untuk selalu menjaga salat sebagai kunci hidup bahagia dan sukses, serta mencari rida dari Allah SWT dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Semoga bermanfaat. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini