Lima Langkah Pemuda Generasi Masa Depan
foto:: istockphoto.com
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Live as if you will die tomorrow, learn as if you will live forever”
(Hiduplah seolah-oleh kamu akan mati besok, belajarlah seolah-oleh kamu hidup selamanya)

Sebagai ujung tombak generasi, pemuda memegang peranan penting dalam menentukan arah masa depan.

Dalam pandangan Islam, posisi pemuda sangat dihargai dan didorong untuk mengambil peran aktif dalam membangun masyarakat yang adil dan sejahtera. Hal ini tercermin dalam beberapa dalil di bawah ini:

نَّحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَأَهُم بِٱلْحَقِّ ۚ إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ ءَامَنُوا۟ بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَٰهُمْ هُدًى

“Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk. (QS. Al-Kahfi: 13)

Ayat ini mengisahkan pemuda-pemuda yang saleh (Ashabul Kahfi).

Pemuda diharapkan memiliki pengetahuan yang luas, semangat membara, dan keberanian untuk menghadapi tantangan.

Selain itu, mereka juga diamanahi untuk menjaga nilai-nilai moral dan budi pekerti. Berikut beberapa langkah yang perlu diambil oleh pemuda generasi masa depan:

Pertama, pendidikan. Pendidikan ,erupakan landasan yang kuat untuk mengejar cita-cita dan menggapai kejayaan. Sebagaimana dalam ungkapan di bawah ini:

هذا الكلام : (طلب العلم من المهد الى اللحد)

“Tuntutlah ilmu dari buaian hingga liang lahat”

Kedua, tanggung jawab sosial. Pemuda generasi masa depan harus sadar akan tanggung jawab mereka terhadap sesama dan lingkungan, serta mampu menjalankan amanah demi kebaikan bersama.

Ketiga, mengikuti teladan. Pemuda sebaiknya meneladani para tokoh teladan, mulai dari Nabi Muhammad saw, sahabat, hingga tokoh-tokoh hebat di dunia, demi mewujudkan perubahan yang positif.

Keempat, keberanian. Pemuda harus memiliki keberanian untuk menyingkap ketidakadilan, menyuarakan hak-hak, dan menjadi agen perubahan demi kemajuan umat.

Kelima, sikap pantang menyerah. Pemuda generasi masa depan diharapkan mampu menggenggam amanah dan menciptakan masa depan yang lebih baik, sesuai dengan janji Allah Swt dalam firman-Nya:

إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ

“Sesungguhnya Allah tidak mengbah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS. Ar-Ra’ad:11)

Dengan mengikuti panduan Alquran dan hadis, pemuda generasi masa depan diharapkan mampu berkiprah dalam menciptakan perubahan yang signifikan dan membangun masa depan yang lebih baik bagi umat, bangsa dan negaranya.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini