Orang-Orang yang Tertipu
Ilustrasi: istock

أظلم الظالمين لنفسه: من تواضع لمن لا يكرمه, ورغب في مودة من لا ينفعه, وقبل مدح من لا يعرفه.

Orang paling tertipu adalah:

1. Yang merendah di hadapan orang yang tidak menghargainya.

2. Yang mencintai orang yang tidak bermanfaat baginya

3. Yang bangga dengan pujian orang yang tidak mengenalnya.

Pasti kita merasa kesal dan marah saat seseorang tidak menghargai kita. Tapi, dalam hidup pasti selalu saja ada orang yang tidak suka dengan kita, karena kita tidak bisa mengatur perilaku dan isi hati seseorang.

Bila kita merasa tidak dihargai seseorang, lakukan tiga langkah berikut ini untuk menghadapinya.

1. Ubah pola pikir

Saat merasa tak dihargai, pasti akan muncul banyak sekali pikiran negatif. Jadi, jangan beri ruang bagi pola pikir negatif ini yang membuat perasaan semakin tidak nyaman.

Ganti dengan pikiran dan berbicara positif pada diri sendiri agar perasaan jauh lebih baik.

2. Sadari bahwa semua orang itu berbeda

Kita tidak bisa memaksa semua orang untuk bersikap seperti apa yang kita harapkan. Semua orang itu memiliki karakter yang berbeda-beda dan kepentingan yang berbeda dan standar kepentingan yang berbeda juga.

Biasanya, orang akan menghargai kita bila dia mempunyai kepentingan kepada kita.

3. Fokus pada orang yang peduli denganmu

Move on adalah cara jitu untuk menghindari orang yang melecehkan kita. Fokus pada orang yang peduli dan menghargai kita merupakan cara cerdas untuk menenggelamkan fitnah dari orang yang iri dan dengki.

Fokus pada orang yang menghargai kita adalah cara bijak karena jumlah orang yang menghormati kita jauh lebih banyak dari pada orang yang membenci, jadi move on lah.

Kedua, mencintai yang tidak memberi manfaat kepada kita adalah bentuk lain dari bunuh diri secara perlahan.

Jika suatu hari Anda berpikir bahwa orang yang Anda cintai membalas cinta Anda tetapi sekarang ini dia menghindar dan tidak memedulikan, maka ketahuilah itu adalah merendahkan Anda dan memperbudak Anda.

Melupakan cinta yang tak berbalas, adalah cara bijak. Tinggalkan sejauh mungkin orang tersebut.

Jika bisa, pilihan terbaik bagi Anda adalah melakukan perjalanan jauh di mana Anda tidak akan dapat terhubung dengannya.

Setidaknya menjauhlah pikiran Anda darinya. Meskipun dia berada di ruangan yang sama dengan Anda.

Ketiga, pujian dari orang yang tidak kenal. Ketika mendapatkan pujian dari orang lain, manusiawi rasanya bila kita merasa senang dan bahkan tersanjung.

Namun bila itu dari orang yang tidak kenal kita, maka sebaiknya dingin saja, karena kemungkinan besar dia ada motif tersembunyi.

Pujian yang lipstik adalah memuji karena hanya ingin menyenangkan hati kita. Padahal, hal yang dipuji tersebut tidak ada pada diri kita.

Seseorang bisa saja melontarkan pujian atas kelebihan kita, padahal ia mungkin hanya tahu bagian luar dari kita atau bahkan tidak terlalu kenal dengan kita.

Bila kita dipuji dan menikmatinya, padahal sesuatu yang menjadi pujian tersebut gak ada pada diri kita, hal tersebut tentu saja berbahaya karena menjadikan kita yakin atas apa yang dikatakan orang tersebut. Kalau sudah begitu, kita menipu diri sendiri. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini