Muhammadiyah Membangun Lembaga Pendidikan untuk Semua Bangsa
Penyerahan SK Prodi Kedokteran Gigi Umsida dari Kepala LL Dikti Wilayah 7 Jawa Timur yakni Prof Dr Dyah Sawitri SE MM. (foto;humas umsida)
UM Surabaya

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir menegaskan bahwa Muhammdiyah membangun lembaga pendidikan diperuntukan untuk seluruh bangsa, bukan terbatas warga persyarikatan.

Bahkan Muhammadiyah saat ini juga menghadirkan pendidikan tinggi di daerah 3T. Termasuk menghadirkan pendidikan berkualitas di kawasan-kawasan yang umat islamnya minoritas. Di kawasan Indonesia Timur rata-rata mahasiswa PTMA adalah non muslim.

“Kami (Muhammadiyah) membangun banyak hal, tapi bukan semua itu hanya untuk kita. Kita membangun itu semua untuk seluruh bangsa tanpa terkecuali,” tutur Haedar Nashir dalam agenda Wisuda ke 42 UMSIDA sekaligus Launching Prodi Kedokteran Gigi, Sabtu (11/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Haedar mendorong Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) dan seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) untuk tumbuh, berkeunggulan, sekaligus berkemajuan. Sementara untuk para wisudawan, dia berpesan supaya menjadi generasi yang berintegritas di semua posisi mengabdi untuk negeri.

Dalam pergelaran wisuda Umsida ke-42, turut dihadiri oleh Kepala LL Dikti Wilayah 7 Jawa Timur yakni Prof Dr Dyah Sawitri SE MM yang menyerahkan SK Prodi Kedokteran Gigi Umsida.

Sementara itu, untuk wali mahasiswa, Haedar mengatakan bahwa tidak salah pilih tempat belajar bagi anak-anaknya. Muhammadiyah sudah menjadi organisasi yang kompeten dalam dunia pendidikan, bahkan Persyarikatan Muhammadiyah telah memiliki ratusan perguruan tinggi.

“Bahkan kita memiliki satu-satunya perguruan tinggi yang dikelola oleh perempuan, Universitas ‘Aisyiyah di Yogyakarta,” ungkap Haedar.

Setelah menghadirkan pendidikan di seluruh pelosok negeri, Muhammadiyah juga menjangkau di dunia global. Kiprah lembaga pendidikan Persyarikatan Muhammadiyah di dunia global ada Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM), Muhammadiyah Australia Collage (MAC), serta TK ABA di Mesir dan Malaysia. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini