Kegelapan Apa pun yang Menimpa Manusia, Alquran Ada Solusinya
foto: dreamstime.com

*) Oleh: Ferry Is Mirza DM

Allah Azza Wa Jalla berfirman:

“Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Alquran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.” (QS. An-Nahl : 89)

Imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Ibnu Mas’ud mengatakan, ‘Telah dijelaskan kepada kita di dalam Alquran ini seluruh ilmu dan segala perkara’.

Mujahid berkata, seluruh halal dan haram.

(Berkata Ibnu Katsir) ucapan Ibnu Mas’ud lebih umum dan lebih luas cakupannya karena sesungguhnya Alquran mencakup seluruh ilmu yang bermanfaat berupa berita yang telah berlalu, ilmu yang akan datang, dan hukum seluruh perkara yang halal dan yang haram, serta segala hal yang dibutuhkan manusia dalam urusan dunia dan agama mereka, maupun kehidupan dan akhirat mereka.” (Tafsir Ibnu Katsir 3/224)

Allah Tabaraka wa Ta’ala menjelaskan bahwa petunjuk Alquran adalah petunjuk yang paling lurus dan paling sempurna,

“Sesungguhnya Alquran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (QS. Al-Israa : 9)

Syaikh Abdur Rahman As-Sa’di rahimahullah berkata: “Yaitu paling lurus dan paling tinggi, baik dalam akidah, amal maupun akhlak, maka barang siapa yang mengambil petunjuk dari sesuatu yang diserukan Alquran, niscaya ia menjadi manusia yang paling sempurna, paling lurus dan paling mendapatkan hidayah dalam seluruh perkara.” (Tafsir As-Sa’di, hal. 521)

Jadi, apa pun masalah Anda, pelajari Alquran dan terapkanlah.

Kegelapan apa pun yang menimpa seseorang, pasti di dalam Alquran ada solusinya.

Perhatikanlah firman Allah berikut ini:

“(Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan mereka, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji” (QS. Ibrahim : 1). (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini