Umsida Targetkan Memiliki 15 Program Studi Unggul pada 2024
Rektor Umsida, Dr Hidayatullah MSi

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) direncanakan akan memiliki 15 program studi (prodi) yang terakreditasi unggul pada tahun 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Rektor Umsida, Dr Hidayatullah MSi saat menyampaikan laporan rektor pada prosesi wisuda ke-42 program diploma, sarjana, dan pasca sarjana sesi 2 yang dilaksanakan di Auditorium KH Ahmad Dahlan, Sabtu (11/11/2023).

Hal ini bukan tanpa alasan. Akreditasi prodi merupakan salah satu syarat yang harus dimiliki Umsida untuk mencapai rencana yang sudah lama disiapkan yakni mendirikan program studi Kedokteran Umum.

“Sehubungan dengan ikhtiar Umsida untuk melanjutkan perjuangan membuka prodi kedokteran umum, kami sudah divisitasi oleh Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

Dan saat ini sampai bulan Maret 2024 nanti, kami harus menyelesaikan laboratorium fakultas kedokteran. Kamu juga sudah merencanakan pembangunan rumah sakit gigi dan mulut yang kami targetkan juga selesai di tahun 2024,” ucap Dr Hidayatullah.

Selain itu, Umsida juga memiliki 2 tambahan prodi baru pada bulan November ini, yakni prodi Kedokteran gigi jenjang sarjana dan prodi Kedokteran gigi jenjang profesi.

Oleh karena itulah pada wisuda sesi kedua ini turut hadir pula ketua umum pimpinan pusat PP Muhammadiyah yakni Prof Dr H Haedar Nashir MSi untuk melakukan launching prodi kedokteran gigi.

Tambahan Fasilitas Mahasiswa

Untuk menunjang kualitas pendidikannya, Umsida juga telah mempersiapkan sumber daya manusia berupa dosen yang telah bersertifikat dan telah menempuh pendidikan doktor.

“Pada bulan Juni 2023, dosen Umsida yang bergelar doktor baru 51, dan bulan November menjadi 60. Data ini juga terus kita tingkatkan karena target kami sampai dengan 2026, dari 243 dosen yang ada, 50%-nya harus bergelar doktor,” tuturnya.

Selain SDM, sambung Wakil Ketua PWM Jawa timur ini, di kampus 3 Umsida, juga akan membangun student center sebagai tempat aktivitas seluruh mahasiswa yang ada di Umsida.

Dengan adanya rencana besar yang dimiliki Umsida hingga tahun 2024 mendatang, Dr Hidayatullah menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut andil dalam merealisasikan rencana Umsida ini.

“Usaha yang kami lakukan ini tentu tidak lepas dari dukungan dan bimbingan dari pimpinan pusat Muhammadiyah, Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi Universitas Airlangga, Rektor UM Surabaya. Mudah-mudahan amanat yang diberikan PP Muhammadiyah kepada Umsida, bisa kami jalankan sebagaimana yang diharapkan,” pungkasnya. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini