Di Balik Ujian Ada Kemuliaan

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“God doesn’t promise that the sky will always be blue, but he will always present a rainbow after the storm passes.”

(Tuhan tidak menjanjikan langit selalu biru, tapi ia selalu menghadirkan pelangi setelah badai berlalu)

Ujian merupakan bagian tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Dalam ajaran Islam, ujian dapat mengantarkan seorang hamba kepada kemuliaan dan derajat yang lebih tinggi jika dihadapi dengan kesabaran dan ketabahan.

Hal ini sejalan dengan firman Allah SWT:

وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَىْءٍ مِّنَ ٱلْخَوْفِ وَٱلْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ ٱلْأَمْوَٰلِ وَٱلْأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِ ۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.”(QS. Al-Baqarah:155)

Dari Shuhaib, ia berkata, bahwa Rasulullah saw bersabda,

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

“Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruhnya urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin.

Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya.” (HR. Muslim No. 2999)

Dari ayat dan hadis di atas, jelas bahwa ujian yang datang kepada seorang mukmin merupakan tanda cinta Allah SWT dan kesempatan untuk meraih kemuliaan.

Namun, seorang mukmin harus menghadapi ujian dengan kesabaran dan keimanan yang kuat.

Dalam menghadapi ujian, seorang mukmin harus menjaga diri agar tidak terjatuh dalam kesesatan dan keputusasaan.

Dalam ujian, ada hikmah yang tersembunyi yang mungkin tidak kita ketahui, namun Allah SWT mengetahui segala sesuatu yang terbaik bagi hamba-Nya.

Oleh karena itu, jika kita dihadapkan pada ujian, hendaklah kita semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon pertolongan-Nya. Sebab dialah yang Maha Mengetahui dan Maha Penyayang.

Semoga kita senantiasa diberi ketabahan, keimanan, dan kesabaran dalam menghadapi setiap ujian yang datang dalam hidup ini dan meraih kemuliaan yang dijanjikan Allah Swt.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini