Ini Lima Pesan untuk Guru Sekolah Muhammadiyah di Peringatan Hari Guru Nasional
Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Irwan Akib

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Irwan Akib, didapuk menjadi inspektur upacara Hari Guru Nasional 2023 yang dilaksanakan oleh Forum Guru Muhammadiyah di Lapangan Mancasan Wirobrajan, Yogyakarta, pada Sabtu (25/11/2023). Guru Besar Pendidikan Matematika itu berpesan lima hal kepada seluruh guru di lembaga pendidikan Muhammadiyah.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Yogyakarta, Majelis Dikdasmen dan Pendidikan Formal, Forum Guru Muhammadiyah Yogyakarta, serta seluruh jajaran guru Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta.

Dalam amanatnya, Irwan menyampaikan bahwa guru Muhammadiyah sebagai pelaksana pendidikan bertanggung jawab untuk menggerakkan lembaga pendidikan di lingkungan Muhammadiyah.

Adapun lima hal yang disampaikan Irwan Akib kepada seluruh guru di lembaga pendidikan Muhammadiyah. Pertama, seorang guru Muhammadiyah harus memiliki komitmen. kedua, harus punya wawasan yang luas. ketiga, harus profesional, keempat, melakukan inovasi. dan kelima, mampu melakukan kolaborasi.

“Guru harus terus mengembangkan ilmu pengetahuannya sehingga tidak tertinggal dengan perkembangan zaman,” ujarnya.

Selain itu, Irwan juga menambahkan bahwa hingga saat ini Muhammadiyah terus hadir untuk memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara dalam bidang Pendidikan.

Hal ini dibuktikan pada Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Solo kemarin yang menghasilkan beberapa putusan yang digunakan sebagai visi pengembangan Muhammadiyah ke depannya khususnya dalam bidang pendidikan dasar dan menengah.

“Hasil muktamar itu memberikan rekomendasi kepada Majelis Dikdasmen bahwa pendidikan Muhammadiyah untuk mewujudkan transformasi pendidikan berbasis Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai karakter utama yang holistik dan integratif, serta menghasilkan lulusan berkemajuan dengan etos pembelajar sepanjang hayat yang mampu menjawab kebutuhan zaman dengan tata kelola pendidikan unggul yang berdaya saing global dan inklusif,” pesannya. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini