Menghargai Orang Lain
foto: franksonnenbergonline.com

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Maturity is not seen from age, but seen from attitudes, actions and behavior”
(Kedewasaan bukan dilihat dari usia, tapi dilihat dari sikap tindakan dan tingkah laku)

Menghargai orang lain adalah tindakan yang sangat penting dalam kehidupan sosial. Kita harus menghargai orang lain karena setiap orang memiliki hak yang sama untuk dihormati, meskipun latar belakang, agama, atau budaya mereka berbeda dengan kita.

‘Allah SWT berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal.

Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Qs. Al-hujurat:13)

Dari ayat tersebut, kita bisa mengetahui bahwa setiap manusia diciptakan oleh Allah yang sama dan memiliki hak yang sama dalam kehidupan ini.

Oleh karena itu, kita harus menghargai orang lain seperti kita menghargai diri sendiri dan memperlakukan mereka dengan baik tanpa memandang latar belakang mereka.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini