Hadir di Etiopia, Abdul Mu’ti Paparkan Tiga Tantangan Dunia
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti hadir Harambee University, Etiopia,
UM Surabaya

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti menghadiri  International Public Lecture bertema The Role of Universities in Addressing Global Challenges yang digelar oleh Harambee University di Harambee Mall, Addis Ababa, Etiopia, Sabtu (2/12/2023).

Dalam kesempatan itu Abdul Mu’ti membahas tantangan global yang dihadapi manusia dan bagaimana peran universitas. Mu’ti menyebutkan tiga tantangan besar yang dihadapi dunia saat ini.

Pertama adalah perubahan iklim. Menurut dia, saat ini masyarakat sangat prihatin dengan perubahan iklim dan dampak buruknya terhadap masa depan umat manusia dan dunia. Dampak perubahan iklim dapat diamati dan mengkhawatirkan di banyak aspek kehidupan duin.

Kedua, perdamaian dan keamanan. Saat ini, warga seluruh dunia menyaksikan perang Israel dan Palestina. Lebih dari 20 ribu orang dari kedua belah pihak terbunuh, termasuk orang-orang yang tidak bersalah terutama perempuan dan anak-anak.

Mu’ti menjelaskan bahwa perdamaian dan keamanan tidak hanya soal tidak adanya peperangan, namun juga menyangkut banyak aspek kemanusiaan seperti adanya jaminan sosial, spiritual, dan psikologis.

Muhammadiyah juga prihatin dengan tantangan pelanggaran hak asasi dan perdagangan manusia.

“Para pecinta perdamaian prihatin dengan meningkatnya islamofobia, xenofobia, anti-semitisme, rasisme, genosida, dan bentuk kebencian lainnya,” tegas Mu’ti.

Terakhir keberlanjutan manusia. Tujuan hidup hakikatnya ialah pembangunan berkelanjutan sebagai kesepakatan dunia belum sepenuhnya dilaksanakan. Karena kemiskinan, jutaan anak harus bekerja, menderita karena kekerdilan, kekurangan gizi, dan sebagainya.

“Selain itu, ada juga tantangan populasi yang menua. Menurutnya perubahan struktur keluarga dan nilai-nilai sosial telah menimbulkan permasalahan pada persaudaraan dan martabat manusia, tutup Mu’ti. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini