Solusi Menghadapi Hidup Susah
foto: quora.com

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Don’t give up before fighting, because sweet success must be paid for by bitter struggle.”
(Jangan menyerah sebelum berjuang, sebab keberhasilan yang manis harus dibayar dengan perjuangan yang pahit)

Kehidupan di dunia sering kali diwarnai berbagai kesulitan dan cobaan. Tak jarang, kita merasa seperti terjebak dalam situasi yang sangat sulit.

Namun, sebagai muslim yang taat, kita dapat mencari solusi dan petunjuk dalam Alquran untuk menghadapi hidup yang susah ini.

Berikut adalah beberapa solusi yang bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari:

Pertama, bersabar dan tawakal.

Alquran mengajarkan kita untuk bersabar dan tawakal dalam menghadapi segala kesulitan. Allah Swt berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah:153)

Kedua, berdoa dan memohon pertolongan Allah.

Menyadari bahwa segala urusan ada dalam tangan Allah, kita harus selalu berdoa dan memohon pertolongannya. Allah SWT berfirman:

ٱتْلُ مَآ أُوحِىَ إِلَيْكَ مِنَ ٱلْكِتَٰبِ وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ ۖ إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ تَنْهَىٰ عَنِ ٱلْفَحْشَآءِ وَٱلْمُنكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ ٱللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah salat.

Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain).

Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”(QS. Al-Ankabuut:45)

Ketiga, berusaha dan bekerja keras.

Meskipun kita harus bersabar dan tawakal, kita juga perlu berusaha keras untuk mengubah keadaan hidup yang susah. Allah SWT berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majelis, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu.

Dan apabila dikatakan: Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.

Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mujaadalah:11)

Keempat, bersyukur dalam keadaan apa pun.

Kita harus selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah, baik dalam keadaan senang maupun susah. Allah SWT berfirman:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS.Ibrahim:7)

Kelima, membantu orang lain.

Salah satu cara untuk mengatasi hidup yang susah adalah dengan membantu orang lain yang lebih membutuhkan. Allah SWT berfirman:

أَرَءَيْتَ ٱلَّذِى يُكَذِّبُ بِٱلدِّينِ
فَذَٰلِكَ ٱلَّذِى يَدُعُّ ٱلْيَتِيمَ
وَلَا يَحُضُّ عَلَىٰ طَعَامِ ٱلْمِسْكِينِ

“Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin.” (QS. Al- Maa’uun:1-3)

Dengan mempraktikkan ajaran-ajaran dalam Alquran ini, kita akan lebih siap menghadapi hidup susah dan mengubahnya menjadi kehidupan yang lebih baik dan penuh keberkahan.

Semoga kita semua senantiasa diberi kekuatan untuk menghadapi cobaan hidup dan selalu berpegang teguh pada ajaran-ajaran Allah.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini