Karakter Sejati Seorang Muslim
foto: getty images

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Today, O Allah, allow me to change myself to be better, more useful, more sincere and closer to You.”

(Hari ini, Ya Allah izinkan aku mengubah diri menjadi lebih baik, lebih bermanfaat, lebih ikhlas dan lebih dekat dengan-Mu)

Seorang muslim sejati adalah seseorang yang benar-benar mentaati ajaran Islam dan bukan hanya sekedar mengaku sebagai muslim. Karakter sejati seorang muslim ditandai dengan beberapa sifat, seperti:

Pertama, takwa.

Taqwa adalah sifat yang mendorong seseorang untuk senantiasa takut kepada Allah dan menjauhi segala bentuk kemungkaran.

Allah SWT berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal.

Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”(QS. Al-hujurat:13)

Kedua, ikhlas.

Ikhlas adalah sifat yang mendorong seseorang untuk melakukan segala sesuatu hanya untuk Allah SWT semata dan tidak terpengaruh oleh apa pun.

Allah SWT berfirman:

قُلِ ٱللَّهَ أَعْبُدُ مُخْلِصًا لَّهُۥ دِينِى

“Katakanlah: “Hanya Allah saja Yang aku sembah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agamaku.”(Qs. Az-Zumar:14)

Ketiga, sabar.

Sabar adalah sifat yang mendorong seseorang untuk menerima segala musibah dan ujian dengan kesabaran serta tetap berprasangka baik pada Allah SWT.

Sabar juga menjadikan seseorang mampu mengendalikan emosi dan bersikap tenang dalam menghadapi segala hal.

Allah Swt berfirman:

وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَىْءٍ مِّنَ ٱلْخَوْفِ وَٱلْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ ٱلْأَمْوَٰلِ وَٱلْأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِ ۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ. ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَٰبَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوٓا۟ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيْهِ رَٰجِعُونَ

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.

(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun.” (Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya akan kami kembal).(QS. Al-Baqarah:155-156)

Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.”

Jadi, karakter sejati seorang muslim terdiri dari takwa, ikhlas, dan sabar yang diiringi dengan keyakinan yang kokoh pada Allah SWT.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini