Formulasi Teori Quantum Nahwu-Shorof Linnaasyiin
foto: antara

*) Oleh: Imron Nur Annas, M.H.
Anggota Majelis Tabligh PDM Nganjuk, Pengajar di Ponpes Ar-Raudlotul Ilmiyah Kertosono

Bahasa Arab mempunyai peranan yang begitu penting dalam perjalanan seorang muslim untuk memperdalam ilmu agama. Hal ini disebabkan literatur yang berkaitan dengan pengetahuan agama kebanyakan menggunakan bahasa Arab.

Sementara, stigma yang berkembang di sebagian masyarakat muslim Indonesia berasumsi bahwa belajar bahasa Arab masih dianggap sulit dan rumit, padahal setiap bahasa memiliki tingkat kesulitan dan kemudahan yang berbeda-beda tergantung pada karakteristik sistem bahasa itu sendiri, baik sistem fonologi, maupun sintaksis dan semantiknya.

Dalam pengajaran bahasa salah satu segi yang sering disorot adalah segi metode. Sukses atau tidaknya pengajaran bahasa sering kali dinilai dari segi metode yang digunakan, sebab metodelah yang menentukan isi dan cara pengajaran bahasa arab.

Sedangkan dalam pengajaran bahasa ada tiga istilah yang perlu dipahami pengertian dan konsepnya secara tepat, yakni pendekatan, metode dan teknik. Pendekatan adalah seperangkat asumsi berkenaan dengan hakikat bahasa, dan belajar mengajar bahasa.

Metode adalah rencana menyeluruh penyajian bahasa secara sistematis berdasarkan pendekatan yang ditentukan. Dan teknik adalah kegiatan spesifik yang diimplementasikan dalam teks, selaras dengan metode dan pendekatan yang telah dipilih. Maka pendekatan bersifat aksiomatis, metode bersifat prosedural, dan teknik bersifat operasional.

Seorang muslim yang ingin menguasai bahasa Arab diharuskan melalui proses pembelajaran bahasa Arab. Adapun menurut Syekh Mustafa Al-Ghalayani, dalam kitab Jami’ al Durus al Lughah al ‘Arabiyyah, sarana yang digunakan seorang muslim dalam pembelajaran bahasa Arab ada 13 macam pembahasan, di antaranya Nahwu dan Shorof.

Untuk memahami dan menguasai ilmu tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajarinya. Nahwu-Shorof adalah dua disiplin ilmu yang dapat digunakan sebagai ilmu alat untuk dapat membantu menerjemahkan dan memahami Alquran dan kitab kuning dengan baik dan benar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini