Memaafkan Diri Sendiri
foto: myislam.org

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Everyone makes mistakes. Wise people are not those who never make mistakes, but those who forgive themselves and learn from their mistakes.”

(Semua orang membuat kesalahan. Orang bijak bukanlah orang yang tidak pernah membuat kesalahan, tetapi mereka yang memaafkan diri sendiri dan belajar dari kesalahannya)

Memaafkan diri sendiri adalah sebuah tindakan yang penting untuk mendapatkan kedamaian dalam diri.

Ketika kita melakukan kesalahan atau kegagalan, sering kali kita sulit untuk memaafkan diri sendiri dan terus merasa bersalah.

Namun, pada hakikatnya setiap manusia pasti memiliki kesalahan dan kekurangan. Allah SWT berfirman:

قُلْ يَٰعِبَادِىَ ٱلَّذِينَ أَسْرَفُوا۟ عَلَىٰٓ أَنفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا۟ مِن رَّحْمَةِ ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يَغْفِرُ ٱلذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلْغَفُورُ ٱلرَّحِيمُ

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Qs. Az-Zumar:53)

Oleh karena itu, kita perlu memaafkan diri sendiri agar dapat melanjutkan hidup dengan lebih positif dan meraih kesuksesan di masa depan.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini