UM Surabaya

Jamaah Jumah yang berbahagia

Kelanjutan sabda Rasulullah saw, kemudian datanglah Iblis dengan lima bendera pula, yaitu:

1. Datang Iblis dengan bendera حسد , dengki, ditancapkan didada علم العلماء .

Para ulama, cerdik cendekiawan, yang semula ikhlas membimbing umat, berubah menjadi jatuh menjatuhkan, fitnah memfitnah. Di sana sini timbul kultus individu, pendewaan pada seseorang, ambisi pribadi, kekacauan-kekacauan, pertengkaran-pertengkaran, kerusakan-kerusakan dan sebagainya.

Penyakit hasad inilah yang mendorong iblis untuk menjatuhkan Adam as dan anak cucunya. Penyakit ini pulalah yang mampu membakar semua amal saleh kita.

2. Datang Iblis dengan bendera جائر kebengkokan, kezaliman, dipancangkan didada عدل الآمراء

Penguasa yang semula adil. Menjadi zalim, diktator, absolut. Ditindasnya umat sampai tidak berdaya, siapa kuat itulah yang menang, siapa yang suaranya keras dan urat lehernya membesar itulah yang jagoan.

Maka, berlakulah hukum rimba, hukum hutan belantara. Semua kegiatan kerimbaan, harus demi perhambaan kepada sang diktator. Batu bertengger di atas batu dan manusia berpesta pora di atas bangkai-bangkai manusia lainnya.

3. Datang Iblis dengan bendera رياء , Ditegakkan di dada عبادة العباد .

Hamba yang semula mukhlis beribadah kepada Allah SWT, berubah menjadi riya, ingin di puji. Ibadahnya karena pimpinan, karena jabatan, karena mengikuti selera rakyat banyak, karena situasi dan kondisi. Maka di sana sini akan timbul kemunafikan, oportunisme, plin- plan. Padahal kita tahu bahwa riya adalah syirik asghar (syirik kecil).

4. Datang Iblis dengan bendera حيانة Ditancapkan di dada امانة التجار.

Pedagang, saudagar yang semula amanah, jujur, menjadi khianat, tidak jujur, curang, penipu. Menipu, memalsu, mengurangi meteran dan takaran, manipulasi menjadi rahasia umum.

Mereka sudah tidak takut lagi kepada Allah, apalagi kepada manusia. Semua cara halal baginya, walaupun dengan penipuan dan pengkhianatan. Untuk menaikkan harga, bilamana perlu sebagian barangnya ditenggelamkan di lautan atau di timbun dari pasaran umum.

5. Datang pula Iblis dengan bendera كفر Ditegakkan di dada نصيحة المخترفين.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini