Haedar Apresiasi Keunggulan PCM Gombong Kelola Amal Usaha
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir
UM Surabaya

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir sampaikan amanat dalam Tabligh Akbar dan Pengukuhan PCM dan PCA Gombong pada Sabtu (16/12/2023) di Universitas Muhammadiyah Gombong (Unimugo), Kabupaten Kebumen.

Guru Besar Sosiologi ini menyampaikan apresiasi kepada PCM Gombong, sebab di cabang ini terdapat tiga rumah sakit dan satu perguruan tinggi. Tidak berlebihan jika PWM Jateng menyebut PCM Gombong sebagai cabang terbaik nasional.

Tidak sekadar isapan jempol, PCM Gombong pernah menjadi mendapat anugerah PCM terbaik dari LPCR PP Muhammadiyah.

Kebesaran dan keunggulan Muhammadiyah yang hadir saat ini dasarnya diletakkan oleh Kiai Ahmad Dahlan dan generasi awal. Keterpanggilan warga Muhammadiyah beraktivitas di persyarikatan merupakan aktualisasi dari ibadah, jihad fi sablillah, serta pandangan maju yang dimiliki oleh Persyarikatan Muhammadiyah.

“Kemajuan itu mencakup semua hal, fisik dan non fisik, ilmu dan amal. Intinya Ajaran Islam itu mengajak kepada kemajuan sesuai dengan risalah nabi,” tutur Haedar.

Dalam kesempatan tersebut, Haedar juga menyampaikan selamat atas pelantikan massal yang dilakukan oleh PCM Gombong. Seperti di daerah lain, Muhammadiyah di Gombong ini juga menghadirkan pusat keunggulan. Keunggulan yang dihadirkan oleh Muhammadiyah tidak hanya untuk Muhammadiyah, tapi untuk semua bahkan untuk yang berbeda agama.

“Ternyata Muhammadiyah sudah hadir sebegitu rupa di seluruh tanah air. Muhammadiyah saat itu (1920-an) menjadi satu-satunya yang tersebar di seluruh tanah air,” ungkap Haedar.

Menurutnya yang dilakukan Muhammadiyah menampilkan ruh dan etos untuk terus bergerak. Hal ini yang menjadikan Muhammadiyah sebagai harokatul Islam — watak ini melekat pada diri Muhammadiyah sebagaimana yang disampaikan oleh Pak AR Fakhruddin.

Haedar berpesan supaya warga dan pimpinan persyarikatan jangan beribadah minimalis. Sebab untuk membangun peradaban diperlukan totalitas, serta menyesuaikan dengan kemampuan. Dengan demikian Muhammadiyah diharapkan bisa memberikan pelayanan sebagai manifestasi rahmat dengan cara terbaik.

Pada kesempatan ini, Haedar kembali menekankan bahwa keberadaan AUM di berbagai bidang diperuntukan bagi semua tanpa terkecuali. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini