Balasan Sesuai dengan Perbuatan
foto: wupj.org
UM Surabaya

*) Oleh: Ferry Is Mirza DM

Ketika Allah menciptakan alam semesta ini, maka Allah juga membuat ketetapan-ketetapan yang berlaku di alam semesta tersebut. Agar segala sesuatu di dalamnya berjalan dengan baik.

Ketetapan-ketetapan Allah tersebut tidak akan berubah sampai kapan pun. Hal ini yang disebut sebagai sunatullah.

Allah Ta’ala berfirman:

“Sebagai sunatullah yang berlaku atas orang-orang yang telah terdahulu sebelum(mu), dan kamu sekali-kali tidak akan mendapati perubahan pada sunatullah.” (QS. Al-Ahzab: 62)

Ada banyak sunatullah, misalnya:

Setiap yang bernyawa pasti mati (QS. Al-Imran: 185)

Balasan sesuai dengan perbuatan’ (QS. An-Najm: 31)

Bersama kesulitan ada kemudahan (QS. Al-Insyirah: 5- 6)

Pada episode kali ini, kita akan membahas salah satu sunatullah, yaitu al-jaza’ min jinsil ‘amal (balasan sesuai dengan perbuatan).

Allah Ta’ala berfirman:

“Dan hanya kepunyaan Allahlah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi supaya Dia memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat jahat terhadap apa yang telah mereka kerjakan dan memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik dengan pahala yang lebih baik (surga).” (QS. An-Najm: 31)

Dalam firman-Nya yang lain:

“Barang siapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.” (QS. Al Zalzalah: 7-8)

Kalimat “balasan sesuai dengan perbuatan” mencakup balasan atas kebaikan yang dilakukan dan keburukan yang dilakukan, baik balasan di dunia maupun di akhirat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini