Dubes Spanyol: Praktik Baik Muhammadiyah Sangat Dibutuhkan Dunia Global
Pengukuhan pengurus PCIM Spanyol.
UM Surabaya

Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol, Muhammad Najib menyampaikan inklusivitas yang diterapkan oleh Muhammadiyah adalah praktik baik yang dunia luar perlu tahu. Praktik baik tersebut adalah pengalaman yang luar biasa mahal, dan dunia luar saat ini membutuhkannya peran Muhammadiyah ditunggu oleh dunia global.

Hal itu disampaikan Muhammad Najib saat menyampaikan sambutan pada pengukuhan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Spanyol periode 2023-2025, Ahad (17/12/2023) malam.

Najib menyampaikan selamat dan rasa bangga terhadap PCIM Spanyol. Dikatakannya, Muhammadiyah melalui PCIM Spanyol dapat menjadi bagian penting yang proaktif untuk menciptakan dan menjaga perdamaian dunia.

“Saya ingin mengajak kader-kader Muhammadiyah baik yang ada di tanah air, maupun di luar negeri, untuk mencoba mengkapitalisasi pengalaman Muhammadiyah di tingkat nasional, di mana sekolah-sekolah sampai universitas Muhammadiyah memberi kontribusi yang sangat besar bagi Indonesia,” katanya.

Mengungkap peta politik global sekarang, Najib menyebut, dunia global saat ini tidak lagi bipolar. Sebab Rusia yang awalnya menjadi oposisi biner dari Amerika, sudah bisa dikatakan tumbang. Dunia saat ini monopolar, sebab hanya didominasi oleh Amerika Serikat beserta sekutunya.

Namun demikian, yang perlu diketahui juga bahwa meski dominasi Rusia sudah melemah, tetapi akan muncul negara-negara baru yang sebelumnya tidak diperhitungkan. Najib menyebut salah satunya adalah Cina.

Najib menegaskan, bahwa peran internasional bukan berarti mengurangi energi Muhammadiyah berperan secara nasional. Praktik baik yang dilakukan oleh Muhammadiyah, menurutnya sudah waktunya untuk menjamah di ranah global. Potensi besar yang dimiliki Muhammadiyah akan dirasakan manfaatnya untuk masyarakat dunia.

Dubes yang pernah menjadi anggota Pemuda Muhammadiyah ini berpesan, supaya kader bisa berperan di kancah internasional diharapkan untuk memenuhi ‘tangki pemikiran’. Selain itu juga perlu mengasah kapasitas intelektual, melalui baca buku dan memperbanyak interaksi dengan masyarakat dunia.

Sementara itu, Ketua PCIM Spanyol dikukuhkan, Yordan Gunawan menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung gerakan dan dinamika PCIM Spanyol. Lebih-lebih kepada PP Muhammadiyah dan keluarga besar Kedubes RI untuk Kerajaan Spanyol.

Sebagaimana peran besar yang dilakukan oleh Muhammadiyah di Indonesia, PCIM Spanyol beserta PCIM dari negara-negara lain diharapkan juga mampu berpesan untuk dunia global. Oleh karena itu, seluruh PCIM diharapkan saling menjaga relasi baik, bukan hanya kepada internal tetapi juga eksternal persyarikatan.

Dalam waktu dekat ini Yordan menyampaikan PCIM Spanyol akan menyelenggarakan pelatihan kepemimpinan yang diikuti oleh PCIM Spanyol, dan warga Muhammadiyah yang berada di kawasan Eropa dan Mediterania. Sementara itu, program yang sudah berjalan adalah kajian-kajian akademik. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini