Kemudian Allah mengirimkan angin untuk menghalau awan tipis itu hingga bertumpuk tumpuk menjadi awan yang tebal, kemudian dari celah-celah awan yang tebal itu turunlah butiran-butiran air hujan kembali ke bumi bagai awan yang diperas hingga hujan terjadi deras.

Turunnya hujan membasahi bumi, sehingga menjadikan bumi yang sekalipun kering kerontang pun berubah menjadi subur dan tumbuhlah aneka ragam pepohonan, tetanaman serta bunga bunga yang indah memesona.

Kemampuan uap air naik ke langit hingga kembali ke bumi berupa hujan serta kemampuan tunas-tunas tanaman yang masih lunak mampu menerobos lapisan tanah itu bagai cahaya bintang yang menembus kegelapan malam.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah,

Allah Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya Alquran itu benar-benar firman pemisah antara yang haq dan yang bathil.” Alquran yang diturunkan Allah dari Lauhul Mahfudh menembus kegelapan malam serta kegelapan zaman sehingga dengan cahaya Alquran yang terang dan mulia menjadikan malam itu menjadi malam yang diberkahi dan memiliki nilai lebih baik daripada seribu bulan. Dengan Alquran yang diajarkan oleh Rasulullah  kepada kaum jahiliyah dengan penuh kesabaran yang pada akhirnya menerima Alquran sebagai lentera kehidupan. Kemampuan Alquran menembus menerangi hati sanubari yang gelap atau jahiliyah sehingga menjadi jiwa-jiwa yang berperadaban yang penuh dengan kedamaian, hal itu seperti cahaya bintang menembus kegelapan malam.”

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah,

Ada hal yang menarik dari kata at-thariq, terutama bagi saudaraku yang pernah pergi ke dua Tanah Suci atau Haramain, dalam rangka menunaikan ibadah haji atau umrah. Yakni, saat para petugas kebersihan kedua Tanah Suci tersebut ingin menerobos kerumunan jamaah, maka mereka bilang thariq, thariq, thariq yang  artinya kurang lebih kasih jalan.

Begitu juga para pengajar yang mendapatkan kesulitan untuk memberikan suatu pemahaman terhadap siswanya maka dia berupaya untuk mencari terobosan atau pola menuju kemudahan dengan waktu yang efektif, maka hal ini disebut metode atau thariqah.

Dalam dunia tasawuf upaya seorang salik menembus jalan untuk merasakan nikmatnya rohani saat berkomunikasi dengan Robb-nya melalui praktik ibadah berzikir serta ibadah-ibadah yang lainnya, maka hal ini disebut thariqah atau dalam bahasa Indonesia tarekat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini